NASA Siapkan Baju Astronot dengan Kemampuan Penyembuh

NASA Siapkan Baju Astronot dengan Kemampuan Penyembuh

(foto:NASA)

CALIFORNIA - Impian manusia untuk dapat hidup di Mars, sedikit demi sedikit mulai menjadi kenyataan. Setelah Elon Musk membuat program kolonisasi Mars, kini NASA membuat proyek terbaru yang dapat mendukung kehidupan manusia di Mars.

Seperti diketahui, Mars memiliki kondisi alam yang sangat berbeda dengan Bumi. Untuk dapat hidup di Mars, diperlukan pakaian khusus yang sesuai dengan kondisi ekstrem Mars.

NASA tengah melakukan penelitian mengenai teknologi baru yang dinamakan 'kain kasa listrik'. Dengan teknologi ini, luka dapat disembuhkan secara lebih cepat.

Teknologi ini sebelumnya telah diterapkan pada atlet, dan hasilnya tampak menjanjikan. Kini NASA tengah berpikir keras agar kain kasa listrik juga dapat disematkan di pakaian astronot.

"Apa yang kita miliki di sini adalah teknologi yang dapat memiliki dampak besar pada penyembuhan luka dari segala macam," kata Emilie Siochi, seorang ilmuwan material senior di NASA.

Ia melanjutkan bahwa teknologi ini dapat dengan mudah diaktifkan pemakainya. Pasalnya material pakaian ini bersifat electroactive, yang berarti bahwa aktivitas apapun dapat menghasilkan tegangan. "Dan ya, suhu tubuh sudah cukup untuk mengaktifkannya, membantu luka sembuh," tutupnya seperti dikutip Space, Minggu (9/10/2016).

(kem)

Baca Juga

Tahukah Anda Dahulu Uranus Bernama George?

Tahukah Anda Dahulu Uranus Bernama George?