Robot Penjelajah ESA Siap Cari Jejak Alien di Mars

Robot Penjelajah ESA Siap Cari Jejak Alien di Mars

ExoMars Rover. (Foto: Mirror)

LONDON - Robot penjelajah yang dibawa pesawat ruang angkasa milik European Space Agency (ESA), dikabarkan siap untuk mencari jejak-jejak kehidupan Alien di planet Mars.

Kini pesawat tersebut tengah mendekat ke Planet Merah dan akan segera mendaratkan lander (robot penjelajah) di planet tersebut. Pendaratan yang diprediksi akan terjadi pada 19 Oktober itu, diketahui pada 3 dan 7 Oktober.

Dilansir Mirror, Senin (10/10/2016), setelah diluncurkan pada 14 Maret, pesawat milik ESA itu telah menempuh perjalanan sejauh 310 juta mil atau sekira 500 juta kilometer menyebrangi sistem tata surya.

Robot bernama ExoMars Rover tersebut akan di daratkan pada saat Trace Gas Orbiter (TGO) memutuskan orbit eliptik di sekitar Mars saat Schiaparelli memasuki atmosfer Martian. Saat itu parasut akan terbentang membawa ExoMars Rover ke permukaan Mars.

Selain membawa robot penjelajah, misi tersebut juga membawa perlengkapan lainnya untuk merekam kecepatan angin, kelembapan, tekanan, dan juga temperatur tempat pendaratan.

ExoMars Rover akan dikendalikan dari European Space Operations Centre (Esoc) di Darmstadt, Jerman. Meski begitu, sebagian besar dari sistem robot tersebut merupakan bekerja secara otomatis dan tidak bergantung pada perintah manual dari Bumi.

(kem)

Baca Juga

Pluto Rupanya Punya Lautan yang Tak Boleh Diselami

Pluto Rupanya Punya Lautan yang Tak Boleh Diselami