Duel Smartphone Bertampang Premium, Asus Zenfone 3 vs Xiaomi Redmi Note 3

Duel Smartphone Bertampang Premium, Asus Zenfone 3 vs Xiaomi Redmi Note 3

Asus Zenfone 3. (Foto: Moch. Prima Fauzi)

JAKARTA - Sejak diluncurkan pada 7 September 2016, Zenfone 3 dengan kode nama ZE520KL telah berada di tangan Okezone. Kini, kemampuan ponsel tersebut akan kami coba diulas dengan beberapa perbandingan ponsel Xiaomi Redmi Note 3, yang kebetulan, pernah kami ulas sebelumnya.

Baik Zenfone 3 dan Xiaomi Redmi Note 3, selain karena memiliki kesamaan pada nomor seri, keduanya memiliki tampang atau desain yang cukup premium. Selain itu, keduanya juga memiliki rentang kapasitas RAM yang sama yakni 3 GB.

Zenfone 3 memiliki tampilan yang cukup premium. Kesan yang ditimbulkan pada saat pertama kali smartphone ialah mewah. Terlebih pada bagian belakang ponsel yang juga dilindungi kaca Gorilla Glass 3. Sementara pada saat melihat Redmi Note 3 lebih berkesan kokoh dan premium berkat pemakaian bahan metal pada bodinya.

Sayangnya, akibat tambahan kaca di bagian belakang, membuat Zenfone 3 lebih cepat kotor karena bekas sentuhan jari, dan juga lebih licin saat dipegang sehingga mengganggu kenyaman saat pengoperasian.

Selain itu, tonjolan pada modul kamera sedikit menganggu saat diletakkan di atas meja karena cukup mengganjal. Sehingga kami menyarankan pengguna untuk melapisinya dengan tambahan softcase.

(Tampilan samping kanan)

Berbeda dengan Xiaomi Redmi Note 3 yang memiliki modul kamera yang cukup flat atau datar, sehingga tak khawatir akan tergores. Kamera pada Redmi Note 3 berlokasi di bagian tengah atas ponsel, sama dengan yang diletakkan pada Zenfone 3. Bedanya Xiaomi memilih bentuk membulat sementara Zenfone 3 berbentuk kotak.

Soal berat smartphone, harus diakui bahwa Zenfone 3 memiliki bobot yang lebih ringan yakni 155 gram dibandingkan Redmi Note 3 yang sedikit berat 164 gram. Hal itu karena Xiaomi Redmi Note 3 memiliki dimensi bodi yang lebih besar yakni 5.5 inci dan Zenfone 3 5,2 inci.

(Tamplan samping kiri)

Satu hal yang menjadi kelemahan pada Zenfone 3 dengan Redmi Note 3 ialah pada sensor fingerprint. Sensor pada Redmi Note 3 mampu membaca sidik jari nol koma sekian detik lebih cepat dibandingkan Zenfone 3.

Meski begitu, untuk urusan lain seperti pengalaman multimedia, Zenfone 3 memiliki keunggulan pada layar dan juga audio. Asus telah melengkapi layar Zenfone 3 dengan resolusi full HD yang lebih terang dibandingkan Redmi Note 3. Selain itu, audio yang digunakan pada Zenfone 3 lebih terdengar nyaring dan jernih.

Pada penggunaan kamera, Zenfone 3 memiliki mode yang lebih lengkap dibandingkan Xiaomi Redmi Note 3. Salah satu yang menjadi keunggulan kamera Zenfone 3 ialah mode manual dengan pengaturan seperti ISO, shutter speed, white balance dan juga exposure compensation (EV).

Secara keseluruhan, kinerja dari Zenfone 3 memiliki performa yang terbilang handal. Perpindahan dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya berjalan mulus. Meski hanya membawa kapasitas baterai 2.600 mAh, ternyata Zenfone 3 sanggup bertahan selama kurang lebih 10 jam untuk pemakaian normal sehari-hari seperti multimedia, sosial media, bermain game dan browsing di internet.

Adapun spesifikasi lengkap dari Asus Zenfone 3 ZE520KL ini ialah RAM 3 GB, prosesor Snapdragon 625, GPU Adreno 506, internal 32 GB, Kamera utama 16 megapiksel, dan kamera sekunder 8 megapiksel di bagian depan ponsel. Asus membanderol perangkat ini di pasaran Indonesia seharga Rp4.099 juta.

(kem)

Baca Juga

Techno of The Week: Cara Mendinginkan PC dengan Panas Berlebih

Techno of The Week: Cara Mendinginkan PC dengan Panas Berlebih