Teknologi 4,5G Dorong Performa Internet Cepat

Teknologi 4,5G Dorong Performa Internet Cepat

(Foto: Aditya Gema/Okezone)

JAKARTA - PT XL Axiata Tbk (XL) mulai menerapkan teknologi 4T4R 4x4 MIMO untuk memaksimalkan kinerja layanan 4G LTE. Teknologi ini membuat kecepatan akses internet dapat meningkatkan dua kali lipat.

Secara teknis, 4T4R merupakan teknologi untuk meningkatkan akses data dan kestabilan layanan XL 4G LTE dengan menggunakan teknologi kombinasi multi signal, yaitu kombinasi 4 sinyal transmit dan 4 sinyal receive. Artinya, teknologi ini memancarkan data dengan kombinasi 4 sinyal sekaligus dan menerima data dari kombinasi 4 sinyal sekaligus.

“Saat ini dan ke depan, XL fokus pada layanan 4G LTE. Selain terus memperluas cakupan wilayah layanannya, kami terus berupaya untuk memaksimalkan performanya dengan menerapkan inovasi teknologi 4G LTE untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dan kapasitas jaringan," ujar Yessie D. Yosetya, Direktur Service Management XL di Jakarta, Rabu (12/10/2016).

Saat ini, teknologi 4T4R tersedia di kota 4G LTE utama XL, yaitu Jabotabek, Bandung, Surabaya, dan Denpasar. Yessie mengatakan bahwa pihaknya siap untuk memperluas teknologi 4G 4T4R ini ke daerah lain di Indonesia. Pasalnya kebutuhan data masyarakat Indonesia terus meningkat

"Pada pertengahan tahun ini XL juga sudah mulai melakukan implementasi 4T4R dengan 4x4 MIMO yang merupakan salah satu bagian dari teknologi 4,5G. Kami sadar, teknologi akan terus berkembang dengan cepat, dan karenanya kami pun harus menyesuaikan diri agar selalu terdepan dalam inovasi teknologi ini," lanjutnya.

Perlu diingat bahwa teknologi terbaru ini hanya dapat dinikmati oleh pelanggan 4G XL. Sejak awal peluncuran, jumlah pelanggan 4G XL telah mencapai 8 juta yang tersebar di 88 kota di Indonesia. XL berharap adopsi pelanggan ke 4G kian meningkat dari tahun ke tahun.

(ahl)

Baca Juga

13 Tahun di Smartfren, Ini Alasan Sukaca Hengkang

13 Tahun di Smartfren, Ini Alasan Sukaca Hengkang