Jakarta Tiap Sore Diguyur Hujan, Ini Sebabnya

Jakarta Tiap Sore Diguyur Hujan, Ini Sebabnya

(foto: Okezone)

JAKARTA - Intensitas hujan yang meningkat akhir-akhir ini, membuat Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan. BMKG memperkirakan, dalam tiga hari ke depan, Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok, dan Bekasi berpotensi diguyur hujan lebat disertai kilat dan angin kencang.

Menanggapi fenomena tersebut, Kepala Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca BPPT, Tri Handoko Seto, memaparkan bahwa saat ini iklim dunia cenderung menuju Lanina yaitu mendinginnya suhu muka laut Pasifik ekuator.

Fenomena ini mengakibatkan terjadinya pergerakan massa udara menuju wilayah Indonesia sehingga di semakin banyak terjadi hujan hingga Maret tahun 2017.

"Buktinya bulan September lalu yang biasanya masih musim kemarau tapi tahun ini sudah banyak hujan, maka ya Oktober ini cenderung meningkat lagi curah hujan. Dan bisa kita bayangkan apa yang akan terjadi pada bulan November hingga Maret nanti," ujar Seto di Kantor BPPT, Jakarta (12/10/2016).

Melihat potensi hujan yang tinggi itu, Seto mengingatkan kepada masyarakat bahwa tingginya intensitas curah hujan dapat mengakibatkan genangan air atau bahkan bencana banjir.

(kem)

Baca Juga

Tahukah Anda Dahulu Uranus Bernama George?

Tahukah Anda Dahulu Uranus Bernama George?