Temuan Fosil Organ Vokal Bantu Jelaskan Suara Dinosaurus

Temuan Fosil Organ Vokal Bantu Jelaskan Suara Dinosaurus

(Foto: Slash Gear)

CALIFORNIA - Pernahkan Anda bertanya, bagaimana suara dari dinosaurus? Beberapa pihak berspekulasi bahwa mereka membuat suara serupa dengan burung. Dengan temuan baru fosil organ vokal, mungkin bisa membantu mengungkap pertanyaan itu.

Baru-baru ini ditemukan fosil organ vokal yang berasal dari nenek moyang angsa modern dan bebek, dan berusia lebih dari 66 juta tahun. Organ vokal diketahui sebagai syrinx, dan pada kasus ini, kembali ke era Mesozoic.

Organ ini belum ditemukan pada dinosaurus non-burung dari periode waktu yang sama, yang mengarahkan ilmuwan percaya, dinosaurus mungkin tidak membuat panggilan dan pekikan yang didengar dari burung modern. Pada kenyataanya, para peneliti sekarang percaya organ ini mungkin telah berevolusi di akhir zaman burung ini.

Fosil itu sendiri ditemukan pada 1992 oleh tim peneliti Antartika. Beberapa tahun kemudian pada 2013, ahli paleontologi Julia Clarke Universitas Texas di Austin Jackson School of Geosciences menemukan, fosil berisi syrinx, organ kecil yang terdiri dari cincin tulang rawan yang memungkinkan membuat panggilan burung dalam hal ini.

Dinosaurus lain dari periode waktu tertentu belum ditemukan dengan organ ini, sehingga tidak akan membantu menjelaskan binatang ini non-unggas. Namun, penemuan organ membantu peneliti mempelajari jenis suara dinosaurus burung purba yang dihasilkan, dan bahkan bisa membantu menentukan aspek evolusi dan struktur anatomi mereka.

(din)

Baca Juga

Benda Terduga UFO Terlihat Melayang di Atas Gunung Berapi

Benda Terduga UFO Terlihat Melayang di Atas Gunung Berapi