Sinar-X Tertangkap dari Sisi Gelap Venus

Sinar-X Tertangkap dari Sisi Gelap Venus

(Foto: Phys)

CALIFORNIA - Ilmuwan telah mengobservasi Venus dan Merkurius yang melewati matahari beberapa kali. Khusus pada Venus, ilmuwan pernah mengamati fenomena transit planet itu pada Juni 2012 dan kabarnya tidak terjadi lagi hingga 2117.

Dilansir Phys, Kamis (13/10/2016), pada observasi terakhir, ilmuwan mendeteksi sinar-X dan emisi ultraviolet yang datang dari sisi gelap Venus. Temuan ini bisa mengungkap tentang lingkungan magnetik Venus dan membantu studi exoplanet.

Tim ilmuwan yang dipimpin Masoud Afshari dari University of Palermo dan National Institute of Astrophysics (INAF) memeriksa data yang diperoleh oleh teleskop sinar-x yang ditempatkan di misi Hinode (Solar-B).

Dalam studi sebelumnya, ilmuwan dari University of Palermo menggunakan data ini untuk mengestimasi diameter Venus dalam pita sinar-X. Peneliti mengobservasi pita sinar-X serta UV.

Afshari dan timnya mengombinasikan informasi dari teleskop sinar-X milik Hinode dengan data yang dikumpulkan oleh Atmospheric Imaging Assembly pada Solar Dynamics Observatory (SDO). Peneliti menyimpulkan bahwa EUV dan emisi sinar-X datang dari sisi gelap Venus.

Temuan ini membantu ilmuwan dapat mempelajari lebih lanjut tentang lingkungan magnetik Venus dan membantu peneliti memahami exoplanet. Peneliti berharap dapat melakukan studi masa depan untuk mempelajari fenomena ini.

(ahl)

Baca Juga

Techno of The Week: Fenomena Penampakan Wajah Matahari

Techno of The Week: Fenomena Penampakan Wajah Matahari