Hal-Hal yang Perlu Dilakukan ketika Kehilangan Ponsel

Hal-Hal yang Perlu Dilakukan ketika Kehilangan Ponsel

(Foto: WikiHow)

JAKARTA – Mungkin sebagian besar orang pernah kehilangan ponsel, baik itu karena terjatuh atau bahkan lupa meletakkannya. Mengingat isinya saat ini sangat berharga, tentu kehilangannya ponsel bisa memusingkan.

Salah satu kekhawatiran saat ponsel hilang adalah data di dalamnya. Berikut ini hal-hal yang bisa dilakukan ketika kehilangan ponsel, sebagaimana dilaporkan WikiHow, Minggu (16/10/2016).

Telefon Ponsel Anda

Salah satu hal yang dilakukan saat mengetahui ponsel hilang ialah menelefon ponsel Anda sendiri menggunakan telefon lain. Anda bisa menemukan ponsel, terlepas dari apakah itu ponsel biasa atau pintar.

Selain itu, jika ponsel benar-benar hilang, bisa kirim teks info kontak ke nomor telefon Anda, sehingga siapa pun yang menemukan ponsel akan mengetahui identitas dan bagaimana mengembalikannya.

Lacak Smartphone Anda

Sebagian besar smartphone menyediakan kemampuan untuk melacak ponsel Anda. Misalnya, iPhone yang memiliki Find My iPhone. Namun untuk perangkat Android, Anda bisa men-download beberapa aplikasi yang menawarkan kemampuan itu.

Ada beberapa aplikasi yang bisa dicoba salah satunya Android Device Manager. Guna menggunakan Device Manager, Anda hanya perlu memasukkan akun Google dari komputer atau perangkat lain. Device Manager langsung menunjukkan lokasi telefon pada layar Google Maps. Device Manager memiliki opsi tambahan untuk mengunci ponsel Anda, membuat ponsel berdering atau menghapus konten dan data dari jarak jauh.

Selain itu, Anda juga bisa periksa lokasi terakhir ponsel Anda rekam dengan mengunjungi google.com/setting/accounthistory. Kemudian klik "Places You Go" dan "Manage History". Bagaimanapun, pilihan ini bergantung pada wifi dan sinyal mobile bukan GPS.

Bertindak

Jika merasa ponsel Anda dicuri, maka jangan mencoba untuk mengambil ponsel Anda sendirian. Sebaiknya, laporkan kepada polisi dan membiarkan mereka mengurusnya. Mengambil ponsel Anda sendirian itu bisa meninggalkan masalah serius yang bisa jadi membahayakan diri Anda.

Selain itu, hal lain yang perlu Anda lakukan adalah menghapus password dan login. Lebih baik mereset password dan login, ini meminimalkan potensi orang untuk mengakses informasi Anda.

(din)

Baca Juga

Techno of The Week: Cara Mendinginkan PC dengan Panas Berlebih

Techno of The Week: Cara Mendinginkan PC dengan Panas Berlebih