Jaringan Serat Optik Perbatasan Kalimantan-Malaysia Rampung 2018

Jaringan Serat Optik Perbatasan Kalimantan-Malaysia Rampung 2018

(Foto: Dok. Kominfo)

JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) beserta TNI dan Pemerintah Daerah turut serta dalam kunjungan kerja Menteri Dalam Negeri bersama BNPP ke Entikong, Kab Sanggau, Kalimantan Barat.

Kunjungan kerja ke wilayah perbatasan tersebut dilaksanakan dalam rangka mendorong percepatan pembangunan infrastruktur wilayah perbatasan, dengan peninjauan proyek jalan paralel perbatasan Kalimantan-Malaysia.

Pembangunan jalan ini dibangun secara paralel melintas sepanjang perbatasan dari Kalimantan Barat, melintas Kalimantan Utara, dan berakhir di Kalimantan Timur dengan perkiraan panjang jalan sekira 800 km dan target pembangunan selesai pada 2018.

Menkominfo Rudiantara menjelaskan bahwa jaringan serat optik akan efisien jika digelar juga berbarengan dengan pembangunan jalan. “Sehingga nanti sepanjang perbatasan, layanan broadband tersedia”, ucapnya dikutip dari Kominfo.go.id, Selasa (18/10/2016).

Dalam kesempatan yang sama, peninjauan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di Entikong, sebagai salah satu gateway masuk/keluar Indonesia-Malaysia di daratan Kalimantan.

PLBN ini direncanakan akan diresmikan oleh Presiden Jokowi awal Januari 2017. PLBN terpadu ini melayani berbagai layanan yang diperlukan antara lain imigrasi, kesehatan, karantina, beacukai, dan lain-lain.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan bahwa Kementerian Kominfo termasuk kementerian yang sangat proaktif dalam membangun wilayah perbatasan dengan jaringan telekomunikasi.

(kem)

Baca Juga

Operator Seluler Jaga Kualitas Jaringan di Area Aksi Damai 212

Operator Seluler Jaga Kualitas Jaringan di Area Aksi Damai 212