Qualcomm Ungkap Chip 5G Pertama

Qualcomm Ungkap Chip 5G Pertama

(Foto: Techspot)

HONG KONG - Qualcomm memiliki misi baru, mengumumkan perangkat mobile berkecepatan tinggi dengan jaringan 5G dalam acara Qualcomm 4G/5G Summit 2016 di Hong Kong. Tak hanya itu, perusahaan juga mengungkapkan bahwa akan merilis perangkat kelas gigabit LTE komersial pertama dan jaringan.

Untuk mewujudkan itu, perusahaan bermitra dengan Netgear, Ericsson, dan Australia Telstra mengembangkan Netgear Mobile Router MR1100. Sebuah hotspot mobile yang merupakan perangkat mobile pertama yang mendukung gigabit LTE.

Berkat kombinasi dari Qualcomm Gigabit-class Snapdragon X16 LTE, teknologi MIMO, 3X carrier aggregation, dan Higher Order Modulation 256 Quadrature Amplitude Modulation (QAM), seperti dikutip dari Techspot, Selasa (18/10/2016).

Router akan diluncurkan di Australia pada jaringan Gigabit LTE pertama di dunia dari Telstra, dan mulai beroperasi beberapa bulan mendatang. Modem X16 ditemukan di dalam router Netgear akan diintegrasikan ke generasi berikutnya pada chipset Snapdragon SoC, dan disematkan untuk smartphone high-end di tahun depan.

Akan tetapi modem beustan Qualcomm 5G, Snapdragon X50, tidak diproyeksikan untuk hadir untuk perangkat seperti smartphone dan produk komersial lainnya hingga semester pertama pada 2018.

Sebab, perusahaan ingin menggunakan Olimpiade Musim Dingin 2018 di Korea Selatan untuk menguji teknologi 5G yang dapat mencapai kecepatan hingga 400 kali lebih cepat dari rata-rata download di 4G saat ini.

Menurut informasi yang beredar, prosesor Snapdragon X50 akan bekerja di gelombang milimeter khususnya di band spektrum 28 GHz dengan dukungan bandwidth diklaim mencapai 800 MHz melalui carrier aggregation MHz 8x100.

(kem)

Baca Juga

13 Tahun di Smartfren, Ini Alasan Sukaca Hengkang

13 Tahun di Smartfren, Ini Alasan Sukaca Hengkang