Bumi Bakal Dipotret 50 Satelit Jepang Setiap Hari

Bumi Bakal Dipotret 50 Satelit Jepang Setiap Hari

TOKYO – Sebuah perusahaan Jepang bernama AxelSpace memiliki mimpi besar untuk menyediakan data live dari satelit. Perusahaan yang didirikan Yuya Nakamura ini memiliki visi untuk membangun data antariksa menggunakan application programming interface (API) yang bisa diakses siapa saja.

Perusahaan tersebut menggagas program bernama AxelGlobe yang menggunakan 50 satelit berkamera. Kamera tersebut akan memantau permukaan Bumi setiap hari secara konstan. Ukuran dari setiap satelit tidak besar, yaitu berbobot 50 kg dengan ukuran seperti satu desktop.

Hasil dari potret tersebut dapat digunakan untuk berbagai macam industry, seperti pendidikan, pertanian, pembangunan, bahkan hiburan. Sebanyak 50 satelit direncanakan akan sepenuhnya mengorbit Bumi pada 2022, namun datanya sudah bisa ditarik mulai 2018.

Untuk masalah privasi, Nakamura mengatakan bahwa kamera yang digunakannya sengaja tidak diberikan terlalu tinggi sehingga tidak bisa mengenali seseorang tetapi masih bisa digunakan untuk mengenali bidang Bumi.

Nakamura juga menjelaskan bahwa 50 satelitnya akan bertengger di orbitnya hingga 25-30 tahun mendatang. Begitu usianya telah habis, satelit tersebut akan kembali otomatis ke Bumi agar tak menjadi sampah antariksa.

(kem)

Baca Juga

Techno of The Week: Fenomena Penampakan Wajah Matahari

Techno of The Week: Fenomena Penampakan Wajah Matahari