Maven Tangkap Gambar Awan yang Terbentuk di Mars

Maven Tangkap Gambar Awan yang Terbentuk di Mars

(Foto: NASA)

CALIFORNIA - Gambar ultraviolet bersinar terbaru dari pesawat luar angkasa Badan Antariksa Amerika Serikat NASA Maven menunjukkan, awan besar yang terbentuk di atas Mars.

Penemuan baru ini membantu para ilmuwan memahami seluk-beluk bagaimana fungsi atmosfer tipis Planet Merah. "Maven memperoleh ratusan gambar tersebut dalam beberapa bulan terakhir, memberikan beberapa cakupan ultraviolet resolusi tinggi terbaik dari Mars yang pernah diperoleh," kata Nick Schneider, ilmuwan Maven dalam sebuah pernyataan yang dilansir Mashable, Selasa (18/10/2016).

Pesawat luar angkasa melihat awan membentuk di atas empat gunung berapi Mars di gambar yang dikumpulkan pada 9 dan 10 Juli. NASA menjelaskan bahwa mereka terbentuk hampir sama seperti di Bumi.

"Gunung berapi Mars tertinggi, Olympus Mons, muncul sebagai daerah gelap di dekat bagian atas gambar, dengan awan putih kecil di puncak yang tumbuh pada siang hari. Olympus Mons tampak gelap karena gunung berapi naik di atas suasana atmosfer buram tersebut yang membuat sisi planet tampak lebih terang," kata NASA dalam pernyataan.

"Tiga gunung berapi lebih muncul dalam deretan diagonal, dengan awan mereka melebur membentang hingga 1.000 mil," tambahnya.

Ini bukan pertama kalinya para ilmuwan telah melihat awan di Mars. Misi Pathfinder menjepret foto awan di langit Mars pada 1990-an dan gambar dari Hubble Space Telescope awal tahun ini juga menunjukkan, awan tinggi di atas Mars.

Gambar Maven terbaru melakukan terobosan mengungkap ‘nightglow’ Mars, yang merupakan fenomena planet umum di mana langit bersinar samar-samar bahkan tanpa adanya cahaya eksternal lengkap.

Cahaya Mars berasal dari oksida nitrat yang terlihat pada panjang gelombang cahaya ultraviolet. Cahaya dari Matahari memecah molekul karbon dioksida dan nitrogen serta angin yang menyebar di atas Mars. Secara bertahap, membawa atom ke ketinggian yang lebih rendah di sisi malam planet. Nitrogen dan oksigen kemudian menabrak satu sama lain, sehingga menciptakan molekul nitric oxide yang bersinar di sisi malam dari Planet ini.

(din)
  • techno user Alexander
    Alexander • 2bulan lalu
    mungkin ini bakalan jadi awal adanya kehidupan di mars, siap-siap aja manusia bumi pindah ke mars kalo begini ceritanya
    Beri Tanggapan

Baca Juga

Techno of The Week: Fenomena Penampakan Wajah Matahari

Techno of The Week: Fenomena Penampakan Wajah Matahari