Tips Menghubungkan Satu PC dengan Dua Monitor

Tips Menghubungkan Satu PC dengan Dua Monitor

(Foto: YouTube)

JAKARTA - Saat bekerja di kantor atau di rumah, mungkin Anda biasanya hanya menggunakan satu monitor. Menggunakan dua monitor mungkin akan sangat membantu pekerjaan Anda.

Website Wikihow mengungkap cara menghubungkan dua monitor dalam satu PC. Salah satu hal yang perlu diperhatikan ialah fasilitas video port seperti DVI, VGA, atau HDMI yang ada pada PC Anda. Umumnya pengaturan akan sama di setiap sistem operasi Windows, namun tips kali ini mengambil contoh pada OS Windows 8.

Periksa Video Port

Seperti yang disebutkan di atas, periksa bagian sisi belakang PC Anda, temukan beberapa port seperti DVI, VGA, atau HDMI.

Hubungkan Kabel Menuju Port

Port yang dipakai untuk monitor utama pengguna misalnya memakai DVI, sehingga pengguna perlu menghubungkan dari kartu grafis (jenis DVI) menuju monitor DVI tersebut. Kini, tersisa satu port VGA dari motherboard. Ini bisa dimanfaatkan untuk dihubungkan dengan monitor sekunder yang juga memiliki port VGA. Bila terdapat perbedaan jenis port, bisa memakai adapter atau converter yang relevan.

Tunggu PC Mendeteksi Monitor Sekunder

Dalam tampilan jendela Screen Resolution, pengguna bisa mengklik tombol Detect dan biarkan PC mengenali monitor kedua.

Akses Menuju Devices

Menggunakan mouse, pengguna bisa membuka opsi toolbar di kanan layar Windows 8 dan klik Devices. Lalu, pengguna bisa memilih Project.

Pilih Opsi Extend

Dari beberapa pilihan yang ada, pengguna bisa mengklik Duplicate, Second Screen only atau Extend. Pilih Extend, sehingga monitor sekunder bisa Anda manfaatkan untuk mendukung pekerjaan Anda.

(ahl)

Baca Juga

Cara <i>Streaming</i> Facebook Live Melalui <i>Drone</i>

Cara Streaming Facebook Live Melalui Drone