Masyarakat Perkotaan Lebih Pilih Koneksi Internet Ketimbang Interaksi Sosial

Masyarakat Perkotaan Lebih Pilih Koneksi Internet Ketimbang Interaksi Sosial

(foto: Opera)

JAKARTA - Kemacetan menjadi salah satu masalah akut di kota-kota besar di Indonesia. Kala berada di tengah kemacetan, ada banyak hal yang dapat dilakukan sembari menunggu.

Sebagai gambaran, BPS menyatakan ada sekira 2,42 juta komuter yang melakukan kegiatan di Jakarta. Penelitian ini menunjukkan bahwa para komuter menghabiskan sekira 1-3 jam sehari untuk pulang dan pergi.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kebiasaan menunggu para komuter, Opera mengadakan survei di sembilan kota besar di Indonesia. Survei tersebut diadakan untuk mengetahui lima hal penting untuk masyarakat Indonesia saat menunggu.

Hasilnya, 78 persen responden mengakui bahwa koneksi internet adalah hal yang paling utama bagi mereka. Angka ini jauh lebih tinggi dibandingkan dengan responden yang lebih memilih interaksi dengan keluarga dan teman saat menunggu.

Opera juga mengadakan survei untuk mengetahui kegiatan favorit masyarakat kala menunggu. Hasilnya, membuka media sosial adalah kegiatan yang paling disenangi masyarakat saat menunggu, dibandingkan mendengarkan musik dan bermain game.

Hasil ini menunjukkan bahwa internet telah menjadi gaya hidup yang vital bagi masyarakat perkotaaan. Tak hanya itu, hasil survei tersebut juga memberi sinyal bahwa internet telah menjadi bagian vital dari kehidupan bermasyarakat.

Meningkatnya penggunaan internet di masyarakat Indonesia, tak terlepas dari penetrasi Internet yang semakin luar. Menurut data APJII, penetrasi internet di Indonesia telah mencapai 40 persen dari total populasi.

(kem)

Baca Juga