Ikuti Jejak Facebook, Instagram Kenalkan Tools Cegah Bunuh Diri

Ikuti Jejak Facebook, Instagram Kenalkan Tools Cegah Bunuh Diri

Instagram (Foto: Ubergizmo)

MENLO PARK - Mengikuti jejak perusahaan induknya Facebook, Instagram meluncurkan tools yang mencegah bunuh diri kepada 500 juta penggunanya.

Artinya, jika Anda melihat sebuah posting Instagram seorang teman yang dikhawatirkan akan melakukan tindakan bunuh diri. Berdasarkan anonim pelapor gambar, teman Anda akan menerima pesan yang menyatakan, "Seseorang melihat salah satu posting Anda dan berpikir Anda mungkin akan melalui waktu yang sulit. Jika Anda membutuhkan dukungan, kami ingin membantu."

Dilaporkan Digital Trends, Rabu (19/10/2016) orang yang berisiko bunuh diri itu juga bisa mengakses daftar sumber dari dalam aplikasi, mencakup rincian kontak untuk Helpline, tips, dan dukungan, dan pilihan untuk pesan atau telefon teman. Serupa Facebook, Instagram mengklaim bekerja dengan para ahli kesehatan mental, kelompok pendukung, dan orang-orang sebenarnya untuk menciptakan sumber daya.

Tidak seperti Facebook, aplikasi berbagi foto ini lebih mengambil pendekatan hands-on dengan ikut secara aktif menjangkau orang-orang ia rasa menelusuri posting yang berkaitan bunuh diri.

Sekarang, ketika pengguna mengetik dalam hashtag yang menunjukkan kemungkinan untuk menyakiti diri sendiri, aplikasi secara otomatis akan tersaji dukungan. Instagram sudah memblok daftar memperbarui istilah, beberapa di antaranya berhubungan dengan menyakiti diri atau anoreksia, seperti #thinspo, #loseweight, dan #probulimia.

(din)

Baca Juga

Techno of The Week: Aplikasi GIF Terbaik hingga Alien Manfaatkan Energi Matahari

Techno of The Week: Aplikasi GIF Terbaik hingga Alien Manfaatkan Energi Matahari