Microsoft Klaim Teknologi Pengenal Suara Setara Manusia

Microsoft Klaim Teknologi Pengenal Suara Setara Manusia

(Foto: The Inquirer)

REDMOND - Penelitian baru dari Microsoft mengklaim bahwa generasi terbaru pengenalan suara memiliki kemampuan setara dengan kemampuan manusia.

Dalam makalah yang diterbitkan berjudul Achieving Human Parity in Conversational Speech Recognition, tim telah mencapai tingkat kesalahan kata hanya 5,9 persen, yang disinyalir setara dengan manusia.

Sementara perusahaan besar seperti Google dan Nuance, telah menunjukkan temuan besar pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan mesin dalam menafsirkan ucapan manusia dengan konteks dan aksen yang benar.



"Kami telah mencapai kesamaan dengan manusia dan ini merupakan prestasi bersejarah," ujar Chief Speech Scientist Microsoft, Xuedong Huang dikutip dari Theinquirer, Rabu (19/10/2106).

Menurutnya, daftar tingkat akurasi pada manusia, membuatnya mudah untuk mengatasi lingkungan yang bising, beberapa suara dan musik keras. Teknologi pengenalan suara ini merupakan biometrik, di mana pengenalan suara disisipkan ke jaringan saraf, layaknya fitur Cortana milik Microsoft yang hanya berisi suara manusia (speech signal).

(kem)

Baca Juga

Ini Daftar Emoji yang Dipahami Google

Ini Daftar Emoji yang Dipahami Google