10 Tips Perpanjang Hidup Baterai iPhone 7 & 7 Plus (2-Habis)

10 Tips Perpanjang Hidup Baterai iPhone 7 & 7 Plus (2-Habis)

iPhone 7 (Foto: Mirror.co.uk)

JAKARTA – Apakah saat ini Anda sudah upgrade ponsel ke iPhone 7 atau 7 Plus? Ponsel ini disebut sebagai iPhone dengan baterai terpanjang masa hidupnya.

Ini berkat chip quad-core A10 Fusion yang efisien serta kapasitas baterainya sendiri yang diperbesar oleh Apple. Baterai iPhone 7 diklaim mampu bertahan hingga 7 jam 46 menit, sementara di iPhone 7 Plus baterainya bisa bertahan 9 jam 5 menit.

Kendati demikian, Anda mungkin membutuhkan durasi yang lebih lama di iPhone Anda. Berikut beberapa tips untuk memperpanjang waktu hidup iPhone 7 dan 7 Plus:

Matikan Raise to Wake

Raise to wake adalah salah satu fitur bermanfaat yang dihadirkan di iOS 10. Anda bisa secara otomatis membangunkan layar ponsel sekali mendongakkannya. Namun, fitur ini mengonsumsi banyak energi karena ponsel akan secara otomatis sering terbangun bahkan ketika Anda tidak menginginkannya.

Untuk menon-aktifkannya, buka Setting > Display Brightness, lalu geser ke matikan.

Notifikasi Micro-manage 

Kini, setiap notifikasi yang Anda terima akan pop-up di layar terkunci secara otomatis sehingga layar akan menjadi terang untuk memperlihatkannya. Inilah yang menguras baterai Anda.

Untungnya, notifikasi ini bisa dikostumisasi. Anda bisa memilih aplikasi mana saja yang diaktifkan notifikasinya dan mana yang tidak. Caranya adalah dengan membuka Setting > Notification > Show on Lock Screen.

Percepat Auto Lock

Auto lock atau waktu tunggu ketika ponsel Anda menunggu ponsel mati menghabiskan banyak tenaga. Agar masa ini tidak terjadi lebih lama, Anda bisa memperpendek auto lock paling cepat menjadi 30 detik.

Matikan Konektivitas yang Tak Perlu

Dengan lebih banyak fitur yang Anda aktifkan, maka akan semakin banyak energi yang terkuras dari ponsel Anda. Ini berlaku tidak hanya untuk perangkat iOS tetapi perangkat lain juga.

Untuk itu, jika Anda sedang tidak menggunakan Bluetooth, wifi, dan AirDrop. Kini, semua penyetelan ini bisa ditemukan ketika Anda menarik ke atas layar utama Anda.

Matikan Refresh Background Aplikasi Tak Penting

 Background app refresh memungkinkan Anda untuk mengecek update dalam keadaan tidak diaktifkan. Anda sebenarnya tidak perlu mengaktifkan semua aplikasi untuk refresh background misalnya game, tetapi semakin banyaknya aplikasi yang Anda install maka akan semakin banyak aplikasi yang me-refresh diri.

Aktifitas ini tidak hanya akan menyedot data, tetapi juga menghabiskan daya baterai. Untuk menonaktifkan aplikasi yang tidak perlu di-refresh background, buka Setting > General > Background App Refresh.

(ahl)

Baca Juga

Techno of The Week: Tips Ampuh Merawat Lensa Kamera

Techno of The Week: Tips Ampuh Merawat Lensa Kamera