Techno of The Week: Tips Smartphone Hasilkan Video Terbaik

Techno of The Week: Tips Smartphone Hasilkan Video Terbaik

(Foto: Digiworks)

JAKARTA - Sebelum melakukan pengambilan gambar, pengguna perlu menentukan teknik untuk mengambil gambar. Terdapat dua cara yang bisa digunakan yakni lanskap (horizontal) dan potret (vertikal).

Perekaman dengan cara lanskap dapat memberikan bidang cakupan yang lebih luas, sehingga sangat cocok untuk digunakan pada permakan pemandangan, sekumpulan orang, dan juga untuk menunjukkan cakupan luas.

Sementara potret, lebih tepat digunakan sebagai perekam wajah ataupun objek tunggal yang berfokus pada objek tersebut tanpa memasukkan komposisi di sekitarnya.

Beralih ke teknis lainnya, yakni zooming. Meski dapat menurunkan kualitas video, namun teknik zooming juga bisa dilakukan untuk mengeliminasi benda di sekitar objek. Hal ini dilakukan pada saat peralihan dari lanskap ke potret dirasa akan mengganggu perspektif perekaman.

Jika benda yang berdekatan dengan objek tak mungkin untuk dieliminasi, maka gunakanlah teknik framing atau pembingkai. Melalui teknik ini, objek seolah-olah dibingkai oleh benda-benda di sekelilingnya seperti jendela dan ranting pohon.

Di saat perekaman dilakukan pada malam hari atau keadaan minim cahaya, maka tak bisa dipungkiri penggunaan flash akan sangat membantu. Namun usahakan jangan terlalu sering menggunakan fitur ini.

Terdapat teknik lain yang bisa digunakan meski tanpa menggunakan bantuan flash seperti backlight. Melalui teknik ini objek tepat di depan sumber cahaya.

Terakhir, jangan sungkan untuk melakukan koreksi pasca-perekaman guna memperbaiki bagian yang tak maksimal seperti terlalu terang ataupun gelap. Dengan begitu, akan didapatkan hasil perekaman yang lebih maksimal.

(ahl)

Baca Juga

Enam Tips Sederhana <i>Charge</i> iPhone Lebih Cepat (2-Habis)

Enam Tips Sederhana Charge iPhone Lebih Cepat (2-Habis)