Lakukan Langkah Ini untuk Hindari Penguntit di Media Sosial (I)

Lakukan Langkah Ini untuk Hindari Penguntit di Media Sosial (I)

Foto: Shutterstock

JAKARTA – Media sosial digunakan seseorang untuk banyak tujuan mulai dari membagikan pikiran, momen, atau menyebarkan hal yang menurutnya penting. Oleh karena itu, mudah untuk melihat seseorang dari setiap postingannya di media sosialnya.

Tidak jarang seseorang melihat media sosial untuk menilai Anda. Jika Anda ingin menghindari penguntit, orang tak dikenal yang terobsesi pada Anda, ada beberapa cara untuk menghindari penguntit di media sosial.

Membuat Akun Menjadi Private

 

Hampir semua media sosial populer memiliki fitur untuk membuat akunnya private. Anda selalu bisa mengakses setting dan memilih untuk mengunci akun Anda agar tidak bisa dilihat oleh sembarang orang kecuali atas izin Anda.

Blokir Semua Akun Penguntit

 

Jika Anda sudah mencurigai satu akun yang sering tampak menguntit Anda dan Anda merasa terganggu, Anda sah-sah saja memblokirnya dari media sosial. Di Facebook, pergi ke Pengaturan, akses tab Blocking, dan blokir akun pengguna yang Anda butuhkan untuk diblokir dalam kolom "Blok Pengguna".

Di Twitter, pergi ke halaman Twitter pengguna yang Anda ingin blokir, klik pada roda gigi di samping tombol Follow, dan klik "Block". Pada Instagram, akses halaman seseorang Instagram yang ingin diblokir, tekan pada "...", dan pilih "Blok Pengguna".

Jangan Unggah Foto HD

 

Ada orang di luar sama yang ingin mengunduh foto Anda dan mungkin menggunakannya untuk sesuatu di luar keinginan dan izin Anda. Jika Anda mengunci akun Anda, akun lain masih bisa melihat paling tidak foto avatar dan mengunduhnya. Untuk itu, gunakan foto dengan kualitas kecil agar orang lain masih kesulitan untuk mengenali avatar Anda.

Hindari Tag Foto

 

Jangan men-tag seseorang atau mengizinkan orang lain men-tag Anda. Ketika seseorang men-tag Anda, ada benang besar yang akan terbuka dan memungkinkan identitas Anda terbuka. Jangan pula ungkap posisi Anda di dalam foto.

(kem)

Baca Juga

Enam Tips Sederhana <i>Charge</i> iPhone Lebih Cepat (2-Habis)

Enam Tips Sederhana Charge iPhone Lebih Cepat (2-Habis)