Tips Aman Berinternet yang Perlu Anda Ketahui

Tips Aman Berinternet yang Perlu Anda Ketahui

(Foto: YouTube)

JAKARTA - Internet bisa membawa dampak negatif misalnya memancing orang untuk berbuat jahat kepada pengguna. Diambil dari berbagai sumber, berikut beberapa tips yang perlu Anda perhatikan saat berselancar di dunia maya.

Berpikir Sebelum Menuliskan Sesuatu

Bagi para pengguna Facebook dan Twitter, sebagian mungkin sering melakukan update status. Sebelum menuliskan sesuatu di dinding atau linimasa, perhatikanlah teks agar tidak muncul kesan 'personal attack' terhadap orang lain. Perhatikan sopan satun pada saat menuliskan posting-an pribadi.

Buat Password Unik

Saat menggunakan jejaring sosial, maka Anda perlu membuat password yang unik, yang hanya Anda yang mengetahui. Dengan demikian, sulit bagi orang mencoba masuk ke dalam akun resmi Anda.

Hindari Lupa Saat Logout

Sesudah menggunakan jejaring sosial di PC, mungkin Anda memiliki kebiasaan untuk tidak melakukan logout. Mulai saat ini, hindari kebiasaan tersebut dan lakukan logout, terlebih di PC yang biasa diakses orang lain, sehingga keamanan akun Anda lebih terjaga.

Atur Privasi

Agar lebih aman, sebaiknya pengguna mengatur informasi apa saja yang bisa diakses oleh semua orang atau hanya orang-orang tertentu saja. Dengan demikian, informasi pribadi atau foto pribadi akan lebih aman karena hanya orang terdekat yang dapat mengaksesnya.

Waspada Penipuan Lewat Internet

Pengguna jangan sampai terbujuk dengan iklan atau informasi yang mengarahkan pada aksi pencurian password. Kegiatan phising bisa dilakukan pelaku kejahatan cyber untuk mendapatkan data akun Anda, untuk itu berhati-hati saat menerima email dari orang yang tidak Anda kenal.

(ahl)

Baca Juga

Techno of The Week: Tips Ampuh Merawat Lensa Kamera

Techno of The Week: Tips Ampuh Merawat Lensa Kamera