Tips Jaring Investor Startup ala CEO Go-Jek

Tips Jaring Investor Startup ala CEO Go-Jek

Foto: Okezone

JAKARTA – Pemerintah saat ini sedang getol untuk membangun startup buatan anak bangsa. Tak dimungkiri, salah satu teknoprener yang sukses di Indonesia adalah platform ojek online Go-Jek.

Saat ini, perusahaan modal ventura aktif mencari startup untuk dialiri dana. Namun tentu mereka melihat seberapa besar potensi dari startup tersebut. CEO Go-Jek, Nadiem Makarim, hari ini membeberkan rahasianya menjaring investor di acara Tech In Asia, Kamis (17/11/2016), yang diselenggarakan di Balai Kartini, Jakarta Pusat.

"Mereka fokus analisis mikro tapi belum bisa menjual seberapa besar perusahannya. Coba (founder) berfikir besar," ujar Nadiem. Dia menerangkan bahwa seorang pendiri harus memiliki imajinasi untuk menawarkan solusi dari masalah besar. Hal seperti itu bisa dijadikan sebuah potensi.

Yang kedua, Nadiem menggarisbawahi pentingnya kerja sama tim. Dia meminta para pendiri startup untuk tidak pelit membagi-bagikan saham pada teman setimnya.  Dengan begitu, semua orang dalam tim inti akan bekerja bukan sebagai pegawai, tetapi sebagai pemilik yang ingin mengembangkan dan menjaga perusahaan.

"Jangan berfikir hanya CEO saja yang memegang saham. Jangan pelit sama co-founder dan tim, tapi pelit ke investor. Di Go-Jek, waktu baru mulai, saya bagi-bagi saham kayak kacang. Jadinya semua pemilik," pungkasnya Nadiem.

(kem)

Baca Juga

Tips Hasilkan Foto <i>Sunrise</i> yang Menakjubkan

Tips Hasilkan Foto Sunrise yang Menakjubkan