Tanding Samsung Galaxy Gear IconX versus Apple AirPods

Tanding Samsung Galaxy Gear IconX versus Apple AirPods

Samsung Galaxy Gear IconX (Foto: Ahmad Luthfi/Okezone)

Perangkat earphone terkini memiliki fitur canggih yang tidak dimiliki oleh earphone tradisional. Beberapa vendor seperti Samsung dan Apple mengusung earphone yang memiliki konektivitas canggih atau kemampuan nirkabel.

Khusus pada Samsung, perusahaan asal Korea Selatan itu menghadirkan Galaxy Gear IconX. Sedangkan Apple, menyediakan AirPods yang sama-sama menampilkan fitur wireless dengan teknologi Bluetooth.

Desain

Samsung Gear IconX memiliki dimensi tubuh 18.9 x 26.4 x 26.0 dengan bagian gagang kecil lunak. Perangkat cukup mungil, mudah dibawa pergi, dan bagian ujung output speaker bisa diganti sesuai ukuran lubang telinga pengguna.

 

Sementara pada Apple, perangkat AirPods memiliki wujud earphone regular tanpa kabel. Tampaknya, AirPods lebih mudah dan cepat saat dikenakan di telinga, ketimbang Gear IconX karena bentuknya lebih membulat.

Fitur

Samsung Gear IconX tidak hanya dapat mengeluarkan audio atau dipakai untuk mendengarkan musik, tetapi juga dilengkapi teknologi pintar. Melalui sentuhan jari pada bagian bodi earphone, pengguna bisa memutar musik MP3, melakukan pengaturan volume tinggi atau rendah dan sebagainya.

Earphone nirkabel ini juga bisa menampung file lagu atau MP3 karena dibekali storage 3,5GB. Dengan demikian, tanpa harus terhubung dengan ponsel, pengguna tetap dapat mendengarkan musik MP3.

Sedangkan pada Apple AirPods tidak memiliki sistem storage sendiri. Akan tetapi, perangkat dapat terhubung dengan library iTunes melalui sensor inframerah untuk memutar lagu favorit pengguna.

Daya Baterai

Urusan daya baterai, AirPods diklaim bisa dipakai hingga lima jam untuk satu kali pengisian penuh. Menariknya, Apple AirPods bisa di-charge selama 15 menit untuk penggunaan selama tiga jam.

 

Sedangkan Samsung Gear IconX, perangkat terasa lebih menguras baterai, terlebih saat dipakai untuk mendengarkan musik secara streaming.

Fitur

Perangkat  Gear IconX dilengkapi sensor heart rate untuk membaca detak nadi pengguna. Menggunakan aplikasi S Health, pengguna bisa memeriksa progres jarak, durasi dan kecepatan, serta berapa banyak kalori yang terbakar.

Dengan memakai aplikasi pada smartphone, pengguna juga bisa mengetahui indikator daya baterai. IconX dilengkapi perangkat case yang dipakai untuk menyimpan dua bodi earphone serta didukung port micro USB untuk melakukan pengisian daya.

Gear IconX bisa mengenali situasi saat earphone digunakan di telinga, maka perangkat akan menyala otomatis. Fitur ini juga dimiliki pada Apple AirPods dengan sensor optik inframerah yang telah built-in.

Kompatibilitas

Menurut Gizbot, AirPods bisa dipakai bersama dengan perangkat Apple lainnya, seperti iPhone dengan seluruh versi iOS. Sementara Gear IconX hanya dapat terhubung dengan perangkat Android minimal KitKat atau di atasnya serta minimal RAM 1,5GB.

(ahl)

Baca Juga

Techno of The Week: Tips Ampuh Merawat Lensa Kamera

Techno of The Week: Tips Ampuh Merawat Lensa Kamera