Techno of The Week: Alquran Jelaskan Proses Penciptaan Manusia

Techno of The Week: Alquran Jelaskan Proses Penciptaan Manusia

(Foto: IslamicQuestions)

JAKARTA - Alquran yang diturunkan 1.400 tahun lalu mengungkap informasi yang saat ini berhasil ditemukan oleh ilmuwan melalui penelitian. Fakta sains yang sesuai dengan Alquran, menunjukkan tanda-tanda kebesaran Allah.

Dalam buku berjudul 'Sains berbasis Alquran' karya Ridwan Abdullah Sani, mengungkap bahwa keterangan tentang manusia yang merupakan keturunan Nabi Adam diciptakan dari saripati tanah.

"Dan sungguh, Kami telah menciptakan manusia dari saripati (berasal) dari tanah. Kemudian, Kami menjadikannya air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim)," bunyi Surah Al-Mu'minun Ayat 12-13.

Bila Ayat tersebut dibaca dalam teks Arab (Alquran), ditemukan kata sulalah yang dapat diartikan sebagai saripati atau intisari. Sementara itu, kata nuthfah memiliki banyak arti, dapat berarti satu tetes air atau ukuran kecil dari benda yang dapat membasahi.

Nuthfah yang disimpan di dalam rahim tersebut mengalami proses sebagaimana yang diterangkan dalam Surah Al-Mu'minun Ayat 14. Proses tersebut tidak diketahui pada zaman Rasulullah, namun sesuai dengan penelitian tentang perkembangan janin yang dilakukan oleh ilmuwan pada saat ini.

"Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian Kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha sucilah Allah, Pencipta Yang Paling Baik," Surah Al-Mu'minun Ayat 14 menjelaskan.

Manusia juga diciptakan dari air. Semua bentuk kehidupan membutuhkan air untuk bertahan hidup. Oleh karena itu, hewan di daerah kering telah diciptakan dengan mekanisme untuk melindungi metabolisme mereka dari kehilangan air dan untuk memastikan manfaat maksimal dari penggunaan air. Jika kekurangan air berlangsung dalam tubuh, kematian akan datang dalam beberapa hari.

"Dan Allah telah menciptakan semua jenis hewan daripada air. Maka sebahagiannya ada yang berjalan di atas perutnya, dan sebahagian (yang lain) berjalan dengan dua kaki, dan sebahagian (yang lain lagi) berjalan dengan empat kaki. Allah menciptakan apa yang dikehendaki-Nya (Allah). Sesungguhnya Allah terhadap segala sesuatu adalah al-Qadir (Maha Kuasa)," bunyi Surah An-Nur Ayat 45.

"Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?," firman Allah dalam Surah Al-Anbiya Ayat 30.

(ahl)
  • techno user Parlan
    Parlan • 3 minggu lalu
    Detik pertemuan sel telur sperma dan zat rasa jadilah mahluk baru bernyawa nggak nunggu 3 bulan ini sumber yg menggampangkan aborsi
    Beri Tanggapan
  • techno user Wahyu
    Wahyu • 3 minggu lalu
    segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging
    Beri Tanggapan
  • techno user Parlan
    Parlan • 3 minggu lalu
    Tulang kemudian dibungkus daging Padahal dari daging muncul tulang Bingung aku capeeek
    Beri Tanggapan
  • techno user Parlan
    Parlan • 3 minggu lalu
    Bagaimana tulang dibungkus daging menurut ilmu nyata embriologi dari daging munculah tulang
    Beri Tanggapan

Baca Juga

<i>Techno of The Week</i>: Rahasia Adzan Subuh hingga Munculnya Sinar Aneh di Langit

Techno of The Week: Rahasia Adzan Subuh hingga Munculnya Sinar Aneh di Langit