Mumi Utuh Berusia 3.000 Tahun

Mumi Utuh Berusia 3.000 Tahun

(Foto: Livescience)

KAIRO – Mumi dalam kondisi yang masih utuh ditemukan di dinding pagar selatan laut yang banyak disebut Temple of Millions of Years di Mesir. Kepala departemen purbakala mesir, Mahmoud Afifi, mengatakan mumi ini berasal dari dari dinasti ke 21.

Penemuan ini diklaim oleh arkeolog Spanyol sebagai salah satu yang paling bersejarah. Makam dari tempat peristirahatan mumi yang diduga seorang pria tersebut diperkirakan berasal dari periode menengah ketiga yang kemungkinan dari dinasti ke 21.

“Makam itu ditemukan di dinding pagar selatan laut yang disebut Temple of Millions of Year,” tutur Mahmoud Afifi kepala departemen purbakala Mesir, dilansir Livescience, Sabtu (19/11/2016).

Pria tersebut bernama Amenrenef yang bergelar Hamba Rumah Raja dan tak hidup pada masa kepemimpinan Thutmosis III. Mumi berusia 3.000 tahun tersebut memiliki banyak dekorasi berwarna-warni sebagai simbol keagamaan.

Kuil yang menjadi lokasi ditemukannya mumi Amenrenef dibangun di tepi barat Sungai Nil oleh firaun Thumotsis III yang merupakan prajurit raja Mesir terbaik.

“Saat kuil tersebut tidak berfungsi lagi, area tersebut digunakan sebagai pemakaman,” ungkap Seco Alvarez kepala tim arkeologi dari Spanyol.

Alvares telah bekerja di kuil tersebut sejak 2008 untuk mencatat inskripsi dan dekorasi termasuk simbol matahari yang melambangkan Dewa ISIS dan Nephthys.

(ahl)

Baca Juga

Teknologi NASA Kini Dipakai Arkeolog Temukan Fosil

Teknologi NASA Kini Dipakai Arkeolog Temukan Fosil