Fenomena Ombak di Bawah Laut Dijelaskan dalam Alquran

Fenomena Ombak di Bawah Laut Dijelaskan dalam Alquran

(foto: The Telegraph)

JAKARTA - Tahukah Anda, samudra yang sangat dalam ternyata memiliki banyak rahasia yang belum terungkap. Salah satunya mengenai fenomena ombak yang terjadi di laut dalam.

Dikutip dari Telegraph, Senin (21/11/2016), dalam penelitian yang dilakukan oleh Universitas Washington di 2013, terungkap bahwa ombak juga terjadi di bawah samudra. Ombak tersebut memiliki ukuran yang lebih masif daripada yang terjadi di permukaan.

Fenomena yang dikenal dengan sebutan gelombang internal tersebut memiliki ketinggian 800 kaki. Menurut Matthew Alford, ahli kelautan yang memimpin penelitian tersebut mengatakan bahwa gelombang ini memainkan peran penting untuk pencampuran nutrisi di laut

Namun tahukah Anda bahwa fenomena ini juga ditemukan dalam Alquran. Dalam Surah An-Nur Ayat 40, dijelaskan bahwa ombak juga terjadi di lautan dalam yang gelap gulita.

"Atau seperti gelap gulita di lautan yang dalam, yang diliputi oleh ombak, yang di atasnya ombak (pula), di atasnya (lagi) awan; gelap gulita yang tindih-bertindih, apabila dia mengeluarkan tangannya, tiadalah dia dapat melihatnya, (dan) barangsiapa yang tiada diberi cahaya (petunjuk) oleh Allah tiadalah dia mempunyai cahaya sedikitpun," bunyi Surah An-Nur Ayat 40.

Ombak terjadi pada permukaan lapisan air di kedalaman lautan karena ia memiliki kepekatan yang lebih tinggi. Ombak tidak hanya terjadi di permukaan laut, tetapi ombak yang terjadi di kedalaman lautan bisa terdeteksi melalui peralatan canggih dengan mempelajari perubahan suhu dan kandungan garam di lokasi tertentu.

(kem)

Baca Juga

<i>Techno of The Week</i>: Rahasia Adzan Subuh hingga Munculnya Sinar Aneh di Langit

Techno of The Week: Rahasia Adzan Subuh hingga Munculnya Sinar Aneh di Langit