NASA Luncurkan NOAA, Satelit Pantau Cuaca dan Bencana

NASA Luncurkan NOAA, Satelit Pantau Cuaca dan Bencana

NOAA (Foto: Ibtimes)

CALIFORNIA - NASA berhasil meluncurkan untuk Oceanic dan Atmospheric Administration Nasional (NOAA). Pesawat antariksa pertama dalam serangkaian satelit cuaca geostasioner yang sangat canggih dari Cape Canaveral Air Force Station di Florida.

NOAA Geostationary Operational Environmental Satellite-R (GOES-R) lepas landas pada pukul 18:42. EST waktu setempat, sebagaimana diberitakan dari Ibtimes, Senin (21/11/2016).

Misi dari satelit ini diluncurkan guna meningkatkan kemampuan pengamatan memantau cuaca dari luar angkasa, lebih akurat dan tepat waktu, jam tangan dan serta tanda peringatan yang sifatnya mengancam bumi.

Menurut lapoan CNN cara kerja NOAA adalah setelah satelit mencapai orbit, maka akan mengubah nama dari GOES-R untuk GOES-16 dan menjadi satelit cuaca geostasioner 16 dalam sejarah AS.

"Pesawat ruang angkasa ini akan berdampak kepada 300 juta orang per hari," kata Tim Gasparrini, GOES-R Project Manager and Employee of Lockeed Martin. NASA and the National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA).

Peluncuran GOES-R dan tiga satelit lainnya yang sejenis akan membawa armada AS kembali ke negara dan memperpanjang umur dari GOES hingga Desember 2036.

Tak hanya itu, GOES-R dinilai akan mampu mengukur ketebalan awan, kelembaban atmosfer, kilat petir dan bahkan memonitor tingkat berbahaya dari polusi udara yang bisa mengancam masyarakat.

(kem)

Baca Juga

Buzz Aldrin Dievakuasi dari Kutub Selatan

Buzz Aldrin Dievakuasi dari Kutub Selatan