Head to Head Kamera Ganda LG X Cam vs Honor 8

Head to Head Kamera Ganda LG X Cam vs Honor 8

LG X Cam (Foto: Dini Listiyani / Okezone)

DUA jagoan X dari LG X Cam dan X Screen berhasil didaratkan di Tanah Air beberapa waktu lalu. Menariknya, satu dari dua smartphone ini memiliki desain unik.

Adapun smartphone yang dimaksud merupakan LG X Cam. Senada dengan namanya, tentunya LG menfokuskan seri X ini pada sektor kameranya. Benar saja, kamera belakang X Cam ini dibekali dengan dual kamera. Untuk mengetahui lebih dalam tentang smartphone ini, Okezone berkesempatan mengulasnya.

Desain

Jika LG G4 memiliki lengkungan di punggungnya, lain halnya dengan X Cam. Dia memiliki bodi flat dengan bagian atas dan bawah melengkung.

Bobot yang dimiliki saudara X Screen ini cukup ringan dan ramping. Menengok ke bagian belakang, ditemukan kamera ganda dengan flash LED di bagian bawahnya. Di bawah kamera ganda dan flash LED, terdapat speaker kecil di bagian belakang.

LG X Cam tak disokong dengan banyak tombol. X Cam hanya memiliki tombol volume di samping kiri dan tombol power di sebelah kanan. Untuk tombol home, ia memilih menyematkan tombol kapasitif. Untuk soket jack audio dan pengisian daya akan ditemui di "dagu" LG X Cam. Sementara pada bagian atasnya tak ada ornamen apapun.

Display

LG X Cam bukan termasuk smartphone yang memiliki layar bongsor, namun ukuran layar IPS LCD 5,2 inci beresolusi 1.080 x 1.920 piksel dengan kerapatan 480dpi cukup luas dan nyaman digunakan untuk kegiatan entertainment seperti nonton video dan film. Gambar yang ditampilkan X Cam juga cukup tajam.

Untuk respons, layar LG X Cam ini cukup responsif bahkan dalam tes multi-touch, X Cam bisa membaca lima jari tangan secara baik. Layaknya antarmuka smartphone LG lainnya, X Cam memiliki antarmuka yang cukup sederhana, dan menampilkan menu hanya dengan swipe ke kanan.

Tak hanya itu, LG juga tetap menampilkan tombol kapasitif di layarnya. Bukan hanya tiga tombol kapasitif, tetapi empat tombol yakni tombol back, home, recent apps, dan pengaturan kartu SIM.

Prosesor

LG X Cam disokong prosesor octa-core MediaTek MT6753 dengan GPU Mali-T720MP3. Untuk RAM, X Cam hanya dijejali dengan RAM 2 GB yang dikawinkan dengan memori internal 16 GB.

Secara performa, X Cam memiliki performa yang cukup baik. Ia masih bisa berjalan mulus saat diajak multitasking. Respons membuka setiap aplikasi lumayan cepat.

Saat dibawa bermain dengan game Asphalt 8 menggunakan kualitas visual tinggi, X Cam bisa dengan mulus memainkannya. Namun X Cam terasa sedikit panas saat dibawa bermain game ini. Sementara benchmark AnTuTu, X Cam mencatatkan skor 35.187.

Kamera

Belakangan ini penggunaan kamera belakang ganda tampak mulai populer. Dan, LG memasukkan kemampuan kamera tersebut smartphone-nya ini.

Kamera belakang LG dibekali dengan kamera utama 13 megapiksel + 5 megapiksel dengan aperture f/2.0. Tak hanya itu, kamera belakang X Cam dibekali dengan LED flash dan juga memiliki fitur autofocus, yang cukup cepat saat berpindah fokus objek.

Di samping itu, LG menyematkan beberapa mode menarik di bagian belakangnya. Salah satu yang menarik ialah mode popout. Dalam mode ini ada akan menonjolkan objek yang Anda bidik di dalam bubble.