Sifat Misterius Black Hole Dijelaskan di Alquran

 Sifat Misterius Black Hole Dijelaskan di Alquran

Ilustrasi Black Hole (foto:Shutterstock)

JAKARTA - Lubang hitam atau black hole adalah salah satu fenomena luar angkasa yang masih misterius. Black hole memiliki sifat penghancur dan dikenal sebagai "pelahap" gas dan bintang.

Dalam sebuah ayat Alquran dijelaskan bahwa black hole yang tidak terlihat, dapat menelan dan bergerak sangat cepat. Ketiga sifat tersebut dijelaskan dalam Surah At-Takwir ayat 15-16.

“Aku bersumpah demi bintang tersembunyi. Yang bergerak cepat yang menyapu,” bunyi ayat tersebut.

Black hole juga diperkirakan memiliki ukuran 4 juta kali lebih besar dari matahari. Saking kuatnya massa black hole, tidak ada satu bintang pun yang dapat lari darinya. Hal tersebut dijelaskan dalam Surah Al-Mursalaat ayat 8.

"Maka apabila bintang-bintang telah dihapuskan," bunyi ayat tersebut.

Black hole tidak hanya menimbulkan lekukan-lekukan di ruang angkasa, tapi juga merobek lubang di dalamnya. Itulah mengapa bintang-bintang runtuh ini dikenal sebagai lubang hitam. Fakta ini dapat disebut dalam ayat tentang bintang di Surat Ath-Tahriq ayat 3

"(Yaitu) bintang yang cahayanya menembus," bunyi ayat tersebut.

Black hole sendiri tidak dapat dilihat secara langsung karena terbentuk dari gas dan debu. Namun, gravitasi black hole yang melengkungkan sinar cahaya di sekitarnya menciptakan jejak visual dalam materi sekitarnya yang disebut sebagai bayangan lubang hitam.

(kem)

Baca Juga

Teknologi NASA Kini Dipakai Arkeolog Temukan Fosil

Teknologi NASA Kini Dipakai Arkeolog Temukan Fosil