NASA Temukan Aktivitas Geologi di Planet Ceres

NASA Temukan Aktivitas Geologi di Planet Ceres

(Foto: Slashgear)

CALIFORNIA - NASA baru-baru melaporkan telah mendeteksi cahaya misterius titik terang di spot Ceres. Lembaga badan antariksa tersebut telah merilis sebuah foto baru yang ditangkap oleh pesawat luar angkasa Dawn.

Tampak terlihat satu titik terang crater atau kawah, serta gambar objek di suatu tempat yang tidak terlalu mengkilap dan cerah. Ada indikasi lokasi tempat terang yang berada di Ceres.

Pihak NASA mengatakan, gambar itu diambil oleh pesawat luar angkasa Dawn pada 16 Oktober selama orbit. Terlihat sebuah pemandangan dramatis baru dari titik terang dan posisinya di dalam Occator Crater.

"Ini merupakan lokasi tempat terang di Ceres dengan lebar ukuran 57 mil dan kedalaman mencapai 2,5 mil. Kawah ini menunjukkan bahwa adanya tanda-tanda aktivitas geologi baru-baru ini terjadi," kata NASA dikutip dari Slashgear, Kamis (24/11/2106).

Sebelumnya NASA menduga, semua tanda-tanda tersebut menunjuk ke arah salt (garam) sebagai penyebab titik terang, dengan salt itu sendiri kemudian dihasilkan menjadi cairan asin.

Cairan yang berasal dari bawah kawah, yang kemudian membeku, yang secara perlahan-lahan berubah menjadi uap seperti uap air garam dan memiliki lapisan garam.

Menurut NASA, kehadiran cairan asin ini mungkin telah terbentuk jutaan tahun yang lalu oleh dampak yang menciptakan kawah besar. Diketahui pesawat luar angkasa Dawn berjarak lebih dari 4.500 mil dari Ceres, dan bertugas menganalisis data yang telah dikumpulkan sebelumnya.

(kem)

Baca Juga

<i>Techno of The Week</i>: Rahasia Adzan Subuh hingga Munculnya Sinar Aneh di Langit

Techno of The Week: Rahasia Adzan Subuh hingga Munculnya Sinar Aneh di Langit