20 Tahun Lalu, Game 'Tamagotchi' Kuasai Dunia

20 Tahun Lalu, Game 'Tamagotchi' Kuasai Dunia

Permainan Tamagotchi. (Foto: Huffington Post)

WASHINGTON – Jika Anda lahir di era 1990, mungkin permainan ikonik bernama ‘Tamagotchi’ sudah tak asing di telinga. Memiliki konsol yang cukup ringkas dan mudah dibawa, game ini sempat menguasai dunia.

Bertepatan dengan 23 November 2016, ‘Tamagotchi’ baru saja merayakan ulang tahun ke-20. Permainan ini pertama kali dibuat oleh dua pria asal Jepang bernama Akihiro Yokoi dan Aki Makita pada 23 November 1996.

Berdasarkan data Wikipedia, pada 2010, ‘Tamagotchi’ dijual ke seluruh dunia sebanyak 76 juta unit. Bentuknya yang bulat dan mudah dimainkan, membuat ‘Tamagotchi’ dapat disukai segala kalangan, termasuk anak-anak.

Konsep permainan ini sebenarnya menawarkan pengalaman memelihara hewan dalam bentuk digital. Tampilannya yang masih berupa satuan piksel tersebut menjadi ciri khas permainan di era 1990.

Layaknya memelihara hewan sungguhan, dalam permainan ini Anda juga dituntut untuk menyayangi hewan dengan memberinya makan, membiarkannya tertidur, dan bahkan membersihkan kotorannya.

Kini konsep permainan yang sama dengan ‘Tamagotchi’ mulai bermunculan melalui pengembangan tampilan efek dan gameplay yang kian beragam. Sebut saja ‘Pou’, ‘My Talking Tom’, dan jenis permainan merawat hewan lainnya yang tersedia melalui aplikasi smartphone.

Bahkan, ‘Tamagotchi’ sendiri telah merambah dunia digital dengan hadir di toko aplikasi Playstore dan Apple iTunes melalui game bernama ‘Tamagotchi Classic’.

(kem)

Baca Juga

Nintendo Tantang <i>Hacker</i> Bobol Konsol 3DS

Nintendo Tantang Hacker Bobol Konsol 3DS