Studi Terbaru Ungkap Kandungan Es Terbesar di Mars

Studi Terbaru Ungkap Kandungan Es Terbesar di Mars

Permukaan Mars. (Foto: Live Science/NASA)

WASHINGTON - Berdasarkan sebuah studi terbaru, terdapat kandungan es terbesar di Mars yang diperkirakan memiliki luas seperti Lake Superior yang berada di wilayah Amerika Utara. Danau ini merupakan yang terluas di daratan Bumi.

Sementara itu, lapisan es yang berada di permukaannya, memiliki ukuran yang lebih luas dibandingkan negara bagian New Mexico. Kandungan alam tersebut menyelimuti di kedalaman 1 hingga 10 meter permukaan tanah.

"Timbunan (es) ini kemungkinan lebih dapat diakses dibandingkan air es yang terdapat di Mars. Hal itu karena ia memiliki garis lintang yang relatif lebih rendah dan mempermudah pendaratan pesawat ruang angkasa," ungkap Jack Holt dari Universitas Texas, dikutip dari Live Science, Senin (28/11/2016).

Penelitian tersebut dipimpin oleh Cassie Stuurman dari Institut Geofisika di Universitas Texas yang meneliti dan mengobservasi wilayah Utopia Planitia di Mars. Dalam penelitiannya, ilmuwan tersebut menggunakan sebuah alat bernama Shallow Radar (SHARAD).

Instrumen dari radar tersebut diterbangkan bersamaan dengan Mars Reconnaissance Orbitrer milik NASA. Ia memilih tempat tersebut karena memiliki permukaan yang mirip dengan lanskap di Canadian Arctic.

Data yang diperoleh oleh SHARAD selama 600 MRO yang melewati Utopia Planitia mengungkap, timbunan antara 39 dan 49 derajat dari utara garis lintang. Sedangkan ketebalan dari lapisannya berkisar 80 hingga 170 meter yang terbuat dari 50 hingga 80% kandungan air es.

Hal itu menandai bahwa volume air yang terdapat di planet merah memiliki kesamaan dengan Lake Superior yang dapat menampung 12.090 kilometer kubik benda cair.

"Timbunan es yang berada di Utopia Planitia tidak hanya merupakan sumber eksplorasi, namun salah satu perubahan iklim yang dapat diakses di Mars," tutur Joey Levy yang merupakan satu tim dengan Jack Holt di Universitas Texas.

"Kami tidak mengetahui kenapa timbunan es memenuhi area tertentu di permukaan Martian dan tidak di wilayah lainnya. Contoh dan penggunaan es dengan misi selanjutnya dapat membantu astronot untuk bertahan sementara kami membuka rahasia zaman es di Martian," imbuhnya.

(kem)

Baca Juga

Pluto Rupanya Punya Lautan yang Tak Boleh Diselami

Pluto Rupanya Punya Lautan yang Tak Boleh Diselami