Menkominfo Rudiantara Dorong Percepatan Revisi PP Network Sharing

Menkominfo Rudiantara Dorong Percepatan Revisi PP Network Sharing

Menkominfo, Rudiantara (Foto: Kustin Ayuwuragil Desmuflihah/Okezone)

JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan bahwa Kominfo mendukung percepatan revisi Peraturan Pemerintah No 52 Tahun 2000 mengenai Penyelenggara Telekomunikasi. Bagi dia hal tersebut dapat mempercepat penetrasi internet di seluruh Indonesia.

"Revisi PP diperlukan untuk membangun Indonesia agar tidak tertinggal. Network sharing itu harus, bukan barang baru," ujar Rudi ketika menghadiri Katadata Forum di Jakarta Pusat, Selasa (29/11/2016).

Lebih lanjut Rudi juga menerangkan bahwa operator yang sudah memiliki infrastruktur di suatu wilayah tetap akan diuntungkan karena nilai investasi yang sudah ditanamkan akan tetap diperhitungkan dalam skema Network sharing. Bagi dia operator sebaiknya tidak bersaing di suprastruktur, melainkan layanan.

"Harusnya layanan yang dijadikan saingan, jangan suprastruktur karena tidak berdampak banyak pada industri. Bolehlah saingan sedikit-sedikit tetapi layanan tetap penting agar industri tidak kerdil. Tentu ada klausal (si revisi) yang mengatur soal itu dan itu sesuai dengan asas fairness," kata dia.

Sementara itu, Katadata Research mengungkap bahwa terdapat sejumlah manfaat yang diperoleh dengan Network sharing. Yang pertama tentang efisiensi biaya semua penyelenggara jasa telekomunikasi.

Yang kedua adanya perluasan jangkauan dan akses internet ke masyarakat. Ketiga, peningkatan kualitas data dan suara. Terakhir ialah harga produk yang menjadi lebih bersaing serta peluang bisnis digital terbuka dan produktivitas ekonomi dapat meningkat.

(ahl)

Baca Juga

Akibat Pasokan Listrik Terbatas, BTS Operator Seluler di Aceh Mati

Akibat Pasokan Listrik Terbatas, BTS Operator Seluler di Aceh Mati