Network Sharing Bukan Masalah Nebeng-Nebengan

Network Sharing Bukan Masalah Nebeng-Nebengan

Merza Fachys, Ketua ATSI (Foto: Okezone)

JAKARTA - Ketua Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI) Merza Fachys mengatakan bahwa Network sharing sebenarnya bukanlah hal yang baru di kalangan operator. Hal itu dia sampaikan ketika menghadiri forum Katadata di Intercontinental, Jakarta Pusat, Selasa (29/11/2016).

Merza menjelaskan bahwa network sharing selama ini sudah dilakukan. Para operator sudah bersama-sama membangun jaringan fiber optik antarkota, bahkan juga kabel laut antar pulau. Network sharing seharusnya tidak dimaknai sebagai memberikan keuntungan pada satu pihak dan merugikan pihak yang lain.

"Network sharing harusnya disemangati dengan keinginan untuk membangun bersama, bukan nebeng-nebengan bahwa yang punya ditebengi yang tidak punya. Tetapi bahwa di Indonesia ini masih banyak yang belum tersentuh jaringan telekomunikasi maka diniati bagaimana membangun bersama karena sebenernya membangun bersama bukanlah hal yang baru," ujarnya.

CEO Smartfren ini juga mempertanyakan mengapa network sharing menjadi ramai dipermasalahkan setelah adanya Pembahasan revisi PP 52 tahun 2000. "Kenapa sekarang ada setelah ada revisi PP baru, baru pada ribut?," Kata dia.

Sementara itu, Merza juga mengapresiasi niat Pemerintah untuk memberikan insentif pada operator yang mau membangun di daerah yang sulit. Memang, Menkominfo sebelumnya mengatakan bahwa Pemerintah akan membantu menyediakan jaringan backbone di wilayah tidak feasible bagi operator dengan proyek Palapa Ring.

(ahl)

Baca Juga

13 Tahun di Smartfren, Ini Alasan Sukaca Hengkang

13 Tahun di Smartfren, Ini Alasan Sukaca Hengkang