Bidikan Orbiter Baru ESA Perlihatkan Foto Mars

Bidikan Orbiter Baru ESA Perlihatkan Foto Mars

(Foto: Phys)

CALIFORNIA - Orbiter atau pesawat pengorbit baru milik European Space Agency (ESA) menguji instrumen dan memperlihatkan foto Mars terbaru. Disebut Trace Gas Orbiter (TGO), alat pemantau ini tiba di Mars pada 19 Oktober 2016.

Dilansir Phys, Selasa (29/11/2016), TGO mengorbit secara elips di atas permukaan Mars. Ketinggian orbit TGO sekira 230-310 kilometer hingga 98 ribu kilometer di atas permukaan planet merah setiap 4,2 hari.

TGO sempat menguji empat instrumen sains pada 20-28 November 2016. Data dari orbiter tersebut kini dirilis untuk menunjukan jarak observasi yang diharapkan.

Tujuan utama TGO ialah untuk mengumpulkan informasi secara rinci mengenai gas langka dalam atmosfer planet, termasuk metana, uap air, nitrogen dioksida dan acetylene.

Metana juga diproduksi di Bumi, yang muncul terutama oleh aktivitas biologis dan tingkat yang lebih kecil oleh proses geologis, seperti reaksi hidrotermal.

Dua instrumen pada orbiter ini kini menunjukkan bahwa mereka dapat mengambil spektrum yang sangat sensitif dari atmosfer. Selama observasi pekan lalu, Atmospheric Chemistry Suite terfokus pada karbon dioksida. Karbon dioksida memiliki volume besar dari atmosfer Mars.

(ahl)

Baca Juga

Teknologi NASA Kini Dipakai Arkeolog Temukan Fosil

Teknologi NASA Kini Dipakai Arkeolog Temukan Fosil