Ini Cara Merawat Sepeda Tua

Ini Cara Merawat Sepeda Tua

(Foto: Okezone)

JAKARTA - Sepeda tua atau sepeda onthel perlu dirawat agar kondisinya tetap terjaga. Diambil dari berbagai macam sumber, berikut ini cara merawat sepeda tua.

Oleskan Pelumas

Sepeda onthel dibuat dari frame besi yang kuat. Sehingga, agar tidak terjadi korosi, pemiliknya perlu mengoleskan pelumas pada bagian tertentu seperti bingkai, rantai, gear, jeruji dan lain-lain.

Periksa Kondisi Rem

Periksa kondisi rem sebelum sepeda dijalankan agar meminimalisir terjadinya kecelakaan pada saat mengendarai sepeda. Bila perlu, komponen rem bisa diganti dengan yang baru untuk menghindari bahaya lebih parah yang terjadi akibat tidak berfungsinya rem.

Cuci Sepeda Tua dengan Air

Karena sepeda lawas diperlukan kehati-hatian saat mencucinya. Maka pemilik disarankan memakai air bertekanan sedang supaya tidak merusak bagian-bagian yang rentan.

Hindari Mengelupas Karat

Saat pemilik menemukan karat pada bodi sepeda lawas, sebaiknya jangan mengelupas langsung secara manual. Melainkan, menggosok memakai ampelas halus hingga permukaannya rata. Lalu, gunakan cat untuk melapisi bagian tadi.

Poles dengan Zat Pelapis

Pada saat sepeda tua atau sepeda onthel dijalankan, potensi terkena debu atau kotoran dan sengatan matahari sangat mungkin terjadi. Agar terlindungi, poleslah sepeda dengan zat pelapis khusus. Zat itu juga bisa melindungi warna sepeda lawas.

(ahl)

Baca Juga

Enam Tips Sederhana <i>Charge</i> iPhone Lebih Cepat (2-Habis)

Enam Tips Sederhana Charge iPhone Lebih Cepat (2-Habis)