Ini Tips Merawat Hardisk Laptop

Ini Tips Merawat Hardisk Laptop

(Foto: Pcworld)

JAKARTA - Hardisk bagian terpenting dalam sebuah perangkat komputer atau laptop. Untuk menjaga agar perangkat penyimpanan data ini tetap awet, pengguna bisa memerhatikan tips berikut.

Jangan Matikan Laptop Tanpa Proses Shutdown

Pengguna mungkin pernah mematikan laptop secara paksa dengan cara memutus aliran listrik atau menekan lama tombol power. Cara ini sebaiknya dihindari karena hardisk yang tengah berputar tiba-tiba mati berdampak buruk terhadap komponen di dalamnya.

Jaga Hardisk dari Guncangan

Jaga laptop agar tidak terkena benturan atau guncangan. Dengan demikian, menjaga pula komponen hardware di dalamnya termasuk hardisk.

Hindari Menyimpan File hingga Hardisk Penuh

Usahakan membuat partisi pada hardisk agar pengguna menyimpan file pada partisi khusus tersebut. Bila menyimpan file hingga hardisk penuh di Drive C (system), bisa menurunkan kinerja komputer karena perangkat kehabisan ruang memori.

Pakai Fitur Defragment

Salah satu cara untuk merawat hardisk pengguna ialah dengan cara mengaktifkan fitur defragment hardisk. Pakai fitur ini serutin mungkin, satu atau dua bulan sekali untuk menghindari fragmentasi sehingga mengganggu kinerja hardisk.

Hindari Menaruh Laptop di Atas Kasur

Meletakan laptop di atas kasur atau permukaan yang tidak rata bisa membuat laptop kian memiliki suhu yang panas. Karena suhu panas yang berlebihan dikhawatirkan membuat hardisk laptop cepat rusak.

(ahl)
  • techno user IW Mawardi
    IW Mawardi • kemarin
    Kapan muncul harddisk non-mekanis? Seperti flashdisk tapi dalam kapasitas besar.
    Beri Tanggapan

Baca Juga

Techno of The Week: Tips Ampuh Merawat Lensa Kamera

Techno of The Week: Tips Ampuh Merawat Lensa Kamera