Kronologi Putusnya Jaringan Internet di Papua

Kronologi Putusnya Jaringan Internet di Papua

(Foto Ahmad Luthfi/ Okezone)

JAKARTA - Beberapa hari lalu, jaringan internet di seluruh Papua mengalami gangguan karena kabel fiber optik jalur yang berada di wilayah Sorong, Papua Barat putus. Menanggapi hal itu, pihak Telkom menjelaskan bahwa gangguan itu tak berlangsung lama.

Menurut Vice President Corporate Communication PT Telkom Arif Prabowo, gangguan terjadi akhir pekan lalu dan selesai saat itu juga, sehingga layanan sudah berjalan normal sejak hari Sabtu 26 November 2016.

"Pada hari Jumat tanggal 25 November 2016 pukul 15.20 WIT, telah terjadi gangguan jaringan serat optik ruas darat Sorong menuju Manado yang berdampak pada penurunan kualitas layanan IndiHome bagi masyarakat di kota Jayapura dan sekitarnya," katanya dalam keterangan pers yang diterima Okezone, Selasa (28/11/2016).

Penurunan kualitas layanan kepada masyarakat sempat terjadi akibat overload trafik di rute alternatif tersebut.

Untuk mengatasi gangguan tersebut, Telkom telah melakukan upaya recovery dengan menghubungkan rute alternatif melalui ruas Sorong menuju Ambon.

"Atas kejadian ini, Telkom meminta maaf kepada pelanggan dan masyarakat pada umumnya atas gangguan yang terjadi pada layanan kami. Telkom tetap berkomitmen untuk senantiasa memberikan layanan terbaik kepada pelanggan dan masyarakat secara lebih luas," pungkasnya.

(din)

Baca Juga

Operator Seluler Jaga Kualitas Jaringan di Area Aksi Damai 212

Operator Seluler Jaga Kualitas Jaringan di Area Aksi Damai 212