Kapal Kargo Rusia Hancur saat Menuju Stasiun Luar Angkasa

Kapal Kargo Rusia Hancur saat Menuju Stasiun Luar Angkasa

(Foto: Gizmodo)

MOSCOW - Kemungkinan gagal selalu ada saat menerbangkan roket atau kapal kargo dari Bumi ke stasiun luar angkasa (ISS). Dilaporkan pesawat luar angkasa kargo Russian Progress MS-04 gagal menuju ISS.

Dilansir Gizmodo, Jumat (2/12/2016), menurut badan antariksa Rusia, Roscosmos, kapal kargo hilang kontak pada ketinggian 190 kilometer di atas wilayah pegunungan yang tidak berpenghuni di republik Siberia Tuva.

Dikatakan bahwa sebagian besar fragmen terbakar pada saat masuk kembali ke Bumi dan tidak ada laporan korban yang mengalami cedera. Laporan awal menunjukkan, bagian roket Soyuz yang berbahan bakar 'kerosene' mengalami masalah.

Kapal tak berpenghuni itu diisi dengan 5.400 pon bahan bakar, makanan, dan peralatan yang ditujukan untuk ISS. Saat ini, ISS merupakan rumah bagi tiga astronot, Peggy Whitson, Thomas Pesquet, dan Oleg Novitsky. NASA mengatakan, ISS saat ini memiliki persediaan yang baik.

Roscosmos mengirimkan tiga atau empat misi kargo setiap tahun untuk kembali memasok stasiun luar angkasa. Peluncuran lainnya dijadwalkan pada 2 Februari 2017.

(ahl)

Baca Juga

Robot Penjelajah NASA Temukan Unsur Kehidupan di Mars

Robot Penjelajah NASA Temukan Unsur Kehidupan di Mars