Mainan Anak Terkoneksi Internet Dituding Mata-Mata

Mainan Anak Terkoneksi Internet Dituding Mata-Mata

(Foto: Engadget)

CALIFORNIA - Mainan pintar kini diciptakan untuk anak-anak dengan fitur konektivitas internet. Meskipun canggih, namun muncul kekhawatiran bahwa mainan pintar itu sebagai alat mata-mata.

Dilansir Engadget, Rabu (7/12/2016), dilaporkan lebih dari 18 kelompok privasi mengajukan keluhan kepada Federal Trade Commission di AS dan European Union. Mereka menuding Genesis Toys bersama dengan partner teknologi melanggar undang-undang privasi.

Kabarnya, mainan seperti i-Que dan My Friend tidak hanya menyimpan suara, tetapi juga mengirimkan suara itu ke Nuance. Ini bisa digunakan dalam database yang Nuance jual ke polisi dan badan intelijen, menurut kelompok itu.

Kelompok ini juga menuding Genesis gagal mencegah perangkat Bluetooth yang tidak sah untuk terhubung dengan mainan. Seseorang mungkin bisa menguping percakapan dan meningkatkan ancaman.

Normalnya, Bluetooth memerlukan perangkat untuk berdekatan dalam jarak hingga 33 kaki, namun ini memungkinkan bagi seseorang di luar rumah untuk ‘mengintip’ anak-anak secara tidak disadari.

Belum diketahui apakah FTC dan EU akan mengatasi keluhan tersebut. Perusahaan diharapkan dapat memikirkan kembali bagaimana mereka membuat mainan pintar untuk keselamatan anak-anak.

(ahl)

Baca Juga

Ngeri.. Ini <i>Lho</i> 5 Virus Komputer Paling Berbahaya di Dunia

Ngeri.. Ini Lho 5 Virus Komputer Paling Berbahaya di Dunia