Tahukah Anda Dahulu Uranus Bernama George?

Tahukah Anda Dahulu Uranus Bernama George?

Foto: Universe Today

JAKARTA – Planet keenam atau yang lebih dikenal dengan Uranus ternyata dahulu punya nama lain. Planet dengan warna hijau toska ini sempat menyandang nama George. Bagaimana bisa?

Astronom Inggris bernama William Herschel menemukan planet pada 1781 selama survei teleskopik zodiak. Ia segera menamakannya Georgium Sidus (Planet Georgia) untuk menghormati pelindungnya yakni Raja George III.

Namun agar mudah diingat di dunia pendidikan, George berganti nama menjadi Uranus, dewa langit Yunani. Uranus telah dilihat berulang kali sebelumnya, tapi dulu diyakini sebagai bintang.

Pengamatan yang tercatat paling awal dilakukan pada 1690 ketika astronom John Flamsteed membuat katalog dari 34 Tauri, bintang 34 Taurus Bull. Kesalahan ini memang dapat dipahami karena Uranus sangat jauh dari matahari dan tampak seperti bintang dengan mata telanjang.

Benda ini bergerak sangat lambat. Pengamat harus melihatnya selama puluhan tahun untuk menyadari bahwa benda itu adalah pengembara yang dalam bahasa Yunani kuno disebut Planetes.

(kem)

Baca Juga

Bukan Manusia, Ilmuwan Temukan Spesies yang Bisa Bertahan Hidup dari Perubahan Iklim

Bukan Manusia, Ilmuwan Temukan Spesies yang Bisa Bertahan Hidup dari Perubahan Iklim