Menkominfo Ajak Semua Pihak Tinggalkan Jaringan 2G.

Menkominfo Ajak Semua Pihak Tinggalkan Jaringan 2G.

Menkominfo Ajak Semua Pihak Tinggalkan 2G (Foto: Moch Prima/okezone)

JAKARTA - Kementrian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) mengajak semua pihak untuk meninggalkan jaringan 2G dan beralih ke penggunaan jaringan 3G atau 4G.

Dalam upaya tersebut, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan, pada 2019 pihaknya berharap adanya tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) pertumbuhan ponsel dengan yang mendukung jaringan 4G menyentuh angka 400 ribu, sehingga tidak ada alasan lagi untuk tidak meninggalkan jaringan 2G.

"Di 2019 kita berharap ponsel 4G sudah ada 400 ribu dan bisa menyamai ponsel sejuta umat yang dulu, sehingga tidak ada alasan untuk tidak meninggalkan jaringan 2G," tutur Rudiantara di Jakarta, Kamis (15/12/2016).

Pria yang kerap disapa Chief RA itu mengaku, terus melakukan konsultasi kepada operator untuk menghadapi rencana tersebut. Sehingga dibutuhkan adanya perundingan dengan antar operator untuk menemukan kata sepakat.

Selain mendorong dalam penggunaan jaringan yang lebih cepat, peralihan ini juga didasarkan pada biaya penggunaan 2G itu sendiri yang dikatakan lebih mahal.

"Kita harus buat skenarionya, karena 2G itu mahal pak. Dalam memberikan data sebesar 1 megabit pakai GPRS, itu beberapa kali lebih mahal daripada 4G," imbuh Chief RA.

(kem)


Baca Juga

Indosat Ooredoo Lakukan Pergantian Komisaris

Indosat Ooredoo Lakukan Pergantian Komisaris