Akan Ditutup, Pelanggan 2G XL Mengalami Penurunan

Akan Ditutup, Pelanggan 2G XL Mengalami Penurunan

XL. (Foto: XL)

JAKARTA – Rencana panjang untuk menutup jaringan 2G tampaknya disambut baik oleh sejumlah operator. Selain Hutchison Three (3), XL Axiata pun menyambut baik perpindahan tersebut.

Ditemui saat acara telko di Balai Sarbini, Jakarta, Kamis (15/1/2016), General Manager Corporate Communication XL Axiata Tri Wahyuningsih menjelaskan pihaknya menyambut baik wacana tersebut.

Senada dengan pihak Three (3), berdasarkan keterangan perempuan yang akrab disapa Ayu tersebut, jaringan 2G memiliki harga yang lebih mahal dan kecepatan yang lebih lambat dari 3G. Dengan adanya wacana ini maka bisnis telekomunikasi akan lebih efisien.

"Sebenaranya itu karena lebih ke sisi efisinesi. Memang kalau 3G atau 4G kan lebih efisien jadi sebenarnya seperti yang dikatakan Pak Rudi (Menkominfo) trennya juga akan ke arah sana," tutur Ayu.

Ia pun mengakui pihaknya tidak akan secara langsung mematikan jaringan 2G. Mengingat, saat ini pelanggan XL Axiata di jaringan 2G masih cukup banyak. Oleh karena itu, diperlukan dukungan ekosistem perangkat yang disediakan.

Kendati demikian, Ayu tak menampik jika pelanggan XL di jaringan 2G mengalami penurunan dari tahun sebelumnya. Pada 2015, jumlah pelanggan XL diklaim berjumlah 60% dari total konsumen di semua jaringan miliknya.

Sedangkan untuk tahun ini, jumlah pelanggan XL di jaringan 2G tersisa sekira 45% dari total pengguna XL di semua jaringan yang mencapai 45 juta. Hal itu, terang Ayu, karena masyarakat telah beralih menggunakan ponsel yang mendukung jaringan 3G maupun 4G.

(kem)

Baca Juga

Sebelum Dilelang, Kemkominfo Bakal Lakukan Konsultasi Publik Frekuensi 2,1 & 2,3 GHz

Sebelum Dilelang, Kemkominfo Bakal Lakukan Konsultasi Publik Frekuensi 2,1 & 2,3 GHz