Peneliti Klaim Temukan 'Kembaran' Matahari

Peneliti Klaim Temukan 'Kembaran' Matahari

Ilustrasi (foto:Instituto de Astrofisica de Canarias)

CALIFORNIA - Para peneliti mengklaim telah menemukan bintang yang disebut sebagai "kembaran" matahari. Bintang tersebut berjarak 300 tahun cahaya dari Bumi.

Bintang tersebut dinamakan HIP 68468 oleh para peneliti dari Universitas Sao Paulo Brasil. Dalam penelitian ini, mereka menggunakan teleskop yang terletak di Observatorium La Silla, Chile.

Menurut para peneliti, HIP 68468 memiliki kemiripan suhu, umur, dan komposisi dengan matahari. Namun tampaknya, HIP 68468 diketahui memiliki sifat untuk "melahap" planet yang berjalan di orbit miliknya.

Ketika tim menganalisis komposisi bintang, mereka menemukan lithium empat kali lebih banyak dari yang mereka harapkan untuk bintang berusia 6 miliar tahun.

"Bisa sangat sulit untuk mengetahui sejarah bintang tertentu, tetapi terkadang kita beruntung menemukan komposisi kimia dari sebuah bintang," kata astronom Debra Fischer dari Yale University.

Sejauh ini, para peneliti tengah meneliti 60 bintang lainnya yang memiliki kemiripan komposisi dengan matahari. Demikian seperti dikutip dari Express, Senin (19/12/2016).

(kem)

Baca Juga

Kapal Luar Angkasa yang Berbentuk Tak Lazim

Kapal Luar Angkasa yang Berbentuk Tak Lazim