Operator Tingkatkan Kapasitas Jaringan Jelang Natal dan Tahun Baru

Operator Tingkatkan Kapasitas Jaringan Jelang Natal dan Tahun Baru

(Foto: Ahmad Luthfi/ Okezone)

JAKARTA - Menjelang Natal dan Tahun Baru kebutuhan komunikasi biasanya akan meningkat, mengingat masyarakat Indonesia kerap menghubungi sanak saudara untuk mengucapkan selamat. Oleh sebab itu, dua operator Tanah Air, Indosat dan Smartfren, menyiapkan jaringan mereka untuk mengantisipasi kenaikan trafik.

Indosat Ooredoo dan Smartfren telah menyiapkan jaringan mereka untuk mengantisipasi kenaikan trafik telekomunikasi yang diprediksi akan terjadi saat libur akhir tahun ini. Kedua operator tersebut meningkatkan kapasitas jaringan.

"Kami ingin tetap memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan (best user experience) dalam kondisi apa pun. Oleh karena itu kami telah meningkatkan kualitas dan kapasitas jaringan kami khusus untuk libur akhir tahun ini dengan kapasitas yang melebihi trafik reguler agar masyarakat dan pelanggan tetap dapat berkomunikasi dengan nyaman dan lancar baik saat bersilaturahmi ataupun aktivitas liburan lainnya,” demikian disampaikan Deva Rachman, Group Head Corporate Communications Indosat Ooredoo dalam keterangan kepada Okezone, Kamis (22/12/2016).

Indosat Ooredoo meningkatkan kapasitas suara menjadi 2,244 juta menit/hari, kapasitas layanan SMS menjadi 1,892 miliar SMS/hari, dan kapasitas layanan data ditingkatkan menjadi 6,890 terabyte/hari.

Sementara Smartfren memprediksi lonjakan komunikasi terjadi di lokasi tujuan wisata seperti taman hiburan dan pusat perbejalanjaan. Oleh sebab itu, Smartfren telah meningkatkan kapasitas serta optimasi jaringan Smartfren sejak 18 Desember 2016 di beberapa lokasi wisata yang diprediksi akan mengalami peningkatan trafik.

“Pada hari raya Natal dan Tahun Baru, umumnya lonjakan komunikasi justru terjadi di lokasi tujuan wisata, seperti taman hiburan serta pusat perbelanjaan. Hal tersebut ditambah dengan kebutuhan untuk eksis mengungah foto mereka ketika mengunjungi lokasi wisata tersebut dan kecenderungan masyarakat untuk mengucapkan natal dan tahun baru, menggunakan video call melalui layanan VoLTE Smartfren, ataupun melalui social messenger dan social media. Kami prediksi traffic data akan naik secara signifikan, karena itu kami lakukan serangkaian persiapanagar komunikasi dan keasikan liburan masyarakat tidak terganggu.” ujar Munir SP, VP Technology Relations & Special Project Smartfren.

Selain tempat wisata, Smartfren juga memastikan jaringannya sudah siap melayani masyarakat di musim liburan akhir tahun di seluruh wilayah Sumatera, Sulawesi dan Kalimantan juga tidak luput dari perhatian Smartfren diantaranya kota Tomohon, Manado, dan juga Pontianak. Di samping itu, Smartfren juga melakukan langkah intensive network monitoring selama 24 jam penuh dan juga menyiagakan mobile BTS dan Task Force Team.

(din)

Baca Juga

Kominfo Pantau Kesiapan Jaringan Kunjungi NOC Operator

Kominfo Pantau Kesiapan Jaringan Kunjungi NOC Operator