Tahukah Anda Alasan Manusia Tak Bisa Teleportasi?

Tahukah Anda Alasan Manusia Tak Bisa Teleportasi?

Foto: PopSci

CALIFORNIA – Bisa berpindah dari satu tempat ke tempat lain dalam sekejap adalah keinginan setiap manusia. Kendati demikian, para ahli belum lama ini mengatakan bahwa kemampuan berpindah tempat yang disebut dengan teleportasi seperti yang muncul di film-film sci-fi maupun fantasi, tidak mungkin terjadi di dunia nyata.

Fisikawan Caltech, Philip Hopkins, mengatakan bahwa seberapa pun besarnya penyimpanan yang dimiliki setiap komputer di dunia, jika ditambahkan tidak akan cukup menampung data satu manusia pun. Tubuh yang berpindah melintas ruang dan waktu tentu harus aman dari kecelakaan.

Kendati demikian, Rusia di bawah kepemimpinan Putin memiliki rencana untuk membuat mesin teleportasi yang akan jadi dalam 20 tahun mendatang. Mereka menginvestasikan 1,4 triliun poundsterling untuk pengembangan teknologi tersebut di manusia dan komputer.

Selama ini, manusia hanya bisa melakukan teleportasi data melalui photon di kabel optik fiber. Namun, manusia berharap hal tersebut juga bisa diberlakukan pada makluk hidup termasuk mereka sendiri.

Pada 2013, tim di University of Leicester menemukan bahwa butuh 350.000 kali usia alam semesta untuk memindahkan seluruh informasi yang ada dalam seorang manusia. Sementara itu, Rusia sebenarnya cukup berhasil dengan komputasi quantum mereka.

(kem)

Baca Juga

Jajaran Misteri Kuno yang Dibuka dengan Ilmu Pengetahuan Modern

Jajaran Misteri Kuno yang Dibuka dengan Ilmu Pengetahuan Modern