NASA Rencanakan Misi Penjelajahan Asteroid di 2020

NASA Rencanakan Misi Penjelajahan Asteroid di 2020

Foto: NASA

CALIFORNIA – Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) sedang mempersiapkan misi penjelajahan asteroid yang akan diluncurkan pada awal 2020. Misi ini akan menjadi bagian dari Discovery Programs yang bertujuan menyelidiki sisa-sisa tata surya awal dengan cara yang lebih murah.

Misi pertama yang akan dimulai dijuluki Lucy, probe dibangun oleh Lockheed-Martin untuk mempelajari asteroid Jupiter yakni Trojan. Misi kedua dikenal sebagai Psyche, bertujuan mengunjungi worldlet, dan hampir seluruh bodi probe terbuat dari logam.

Dikarenakan Lucy menjadi misi pertama, beberapa rincian sudah diberitakan. Lockheed akan mendasarkan desain pada misi OSIRIS-Rex yang kini dalam perjalanan ke asteroid Bennu.

Rencananya adalah meluncurkan Lucy pada Oktober 2021 untuk mentransfer yang lebih efisien ke orbit Jupiter. Sepanjang jalan itu, Lucy akan berhenti di sebuah asteroid sabuk utama pada 2025, namun tujuan akhirnya segerombolan asteroid yang terperangkap oleh gravitasi Jupiter.

Sementara asteroid Trojan merupakan benda langit kecil yang terikat secara gravitasi di lokasi sepanjang orbit planet di Lagrange Poin Leading (L4) dan Trailing (L5). Sejumlah planet memiliki "asteroid Trojan", termasuk Bumi, meskipun hanya memiliki satu.

Jupiter memiliki ribuan tubuh Trojan karena gravitasinya yang sangat besar. Manusia belum tahu pasti benda apa ini, apakah mereka objek dari Sabuk Kuiper, atau komet dari Oort Cloud. Kebanyakan astronom percaya kehadiran mereka di sepanjang orbit Jupiter dalam jumlah besar tersebut menunjukkan mereka sisa dari penciptaan planet-planet. Lucy akan mempelajari enam benda-benda antara 2027 dan 2033.

(kem)

Baca Juga

Jajaran Misteri Kuno yang Dibuka dengan Ilmu Pengetahuan Modern

Jajaran Misteri Kuno yang Dibuka dengan Ilmu Pengetahuan Modern