Aturan Baru Cegah Google Tanam Iklan di E-Mail

Aturan Baru Cegah Google Tanam Iklan di E-Mail

Ilustrasi (Foto: Reuters)

BRUSSELS - Layanan pesan online, seperti WhatsApp, iMessage, dan Gmail akan menghadapi aturan ketat. Saat ini, Uni Eropa tengah mengkaji aturan yang mencegah pemain over-the-top (OTT) menempatkan iklan secara acak.

Aturan terbaru itu mengharuskan perusahaan OTT menjamin kerahasiaan pelanggan. Mereka juga diharuskan untuk mendapatkan persetujuan pengguna sebelum menempatkan iklan di e-mail.

Selain itu, proposal ini juga mengharuskan web browser meminta izin pengguna mengenai penggunaan Cookies. Sebagai informasi, Cookies merupakan file kecil yang ditempatkan pada komputer yang berisi informasi tentang aktivitas browsing mereka.

Dengan proposal terbaru, pemain OTT asing diprediksi akan mengalami kesulitan melakukan monetized dalam bentuk iklan. Sebagaimana diketahui, para perusahaan online mengandalkan iklan untuk bertahan hidup.

"Kebijakan ini akan memukul perusahaan-perusahaan teknologi yang beroperasi tanpa mendekatkan diri ke konsumen,” kata Yves Schwarzbart, Kepala Kebijakan dan Peraturan Urusan IAB.

Proposal tersebut perlu disetujui oleh Parlemen Eropa dan negara-negara anggota sebelum menjadi peraturan. Demikian seperti dikutip dari Reuters, Rabu (11/1/2017).

(kem)


Baca Juga

Waduh, Gmail CEO Telegram Diretas Pemerintah

Waduh, Gmail CEO Telegram Diretas Pemerintah