Tips Batasi Akses Webcam (1)

Tips Batasi Akses Webcam (1)

(Foto: Techradar)

JAKARTA Webcam secara tidak langsung merekam aktivitas penggunanya. Hal ini akan memberikan kesempatan kepada peretas untuk memanfaatkan perangkat tersebut menjadi alat pelacak.

Tak hanya pengguna biasa, kepala FBI bahkan mengkhawatirkan hal serupa. Direktur FBI, James Comey, melakukan penanganan dengan menutup webcam menggunakan selotip seperti yang dilakukan Mark Zuckerberg.

Namun itu merupakan cara kuno dalam mengatasi peretasan. Seperti dilansir Tech Radar, Rabu (11/1/2017), berikut ini cara “mematikan” webcam untuk meningkatkan keamanan pengguna.

Gunakan Selotip atau Shutter Webcam

Penggunaan selotip memang menjadi cara yang sederhana dan populer. Namun, pengguna perlu memeriksa cara ini dengan mencoba panggilan video melalui aplikasi agar tahu cara tersebut benar-benar bekerja.

Beberapa webcam juga termasuk shutter yang bisa digunakan untuk mematikan saat tak digunakan. Selain itu, beberapa webcam juga memiliki indikator yang menyala ketika digunakan. Pengguna harus memeriksa indikator ini untuk memastikan perangkat tersebut tidak beroperasi.

Nonaktifkan Webcam di Aplikasi Khusus

Jika pengguna tidak ingin sepenuhnya menonaktifkan fungsi webcam, bisa menonaktifkan perangkat ini melalui beberapa aplikasi yang mendukung.

Dalam aplikasi Skype untuk MacOS misalnya, pengguna dapat memulai dan menjawab panggilan suara saja melalui tombol panggilan audio. Selain itu pada tab panggilan dari preferensi dialog, pengguna dapat memilih untuk menonaktifkan video saat menjawab panggilan secara otomatis.

Blokir Webcam Sepenuhnya pada MacOS

Jika siap menggunakan webcam dalam waktu yang tak lama, pengguna bisa memblokirnya. Namun, harus bersiap dengan berbagai risiko yang disebabkan keputusan tersebut.

Pada perangkat Mac, pengguna dapat menghapus file bernama QuickTimeUSBVDCDigitizer.Component pada folder Quicktime bawah Macintosh HD/System/Library. Langkah ini akan menghentikan webcam sepenuhnya. Namun, pengguna disarankan membuat salinan cadangan terlebih dahulu.

Blokir Webcam pada Windows

Jika ingin benar-benar memblokir webcam pada Windows, masuk ke menu Device Manager pada Windows 10, temukan Webcam dalam daftar yang muncul, kemudian klik kanan dan pilih "Disable".

Jika pengguna ingin menghidupkannya kembali, bisa melakukan langkah yang sama dengan mengubahnya menjadi "Enable".

(kem)

Baca Juga

Techno of The Week: Langkah Ini Atasi PC Lemot saat <i>Browsing</i> Internet

Techno of The Week: Langkah Ini Atasi PC Lemot saat Browsing Internet