Google Luncurkan AMP Lite untuk Proses Loading Lebih Cepat

Google Luncurkan AMP Lite untuk Proses Loading Lebih Cepat

(foto: Search Engine Round Table)

MOUNTAIN VIEW - Google hari ini, Kamis (12/1/2017), mengumumkan bahwa mereka telah membuat situs Accelerated Mobile Pages (AMP) yang lebih ramah RAM. Proyek terbaru ini dinamakan AMP Lite.

Sekadar informasi, AMP adalah sebuah proyek yang diinisiasi oleh Google. Dengan menggunakan AMP, pengguna dapat membuka sebuah situs secara lebih cepat. Sebab, AMP menggunakan kode khusus yang dapat mempercepat proses loading.

Dalam format terbaru, AMP telah menekan ukuran gambar dan data, sehingga sebuah artikel dapat dimuat lebih cepat pada browser. AMP Lite akan membuat proses muat halaman berlangsung lebih cepat 45%.

Untuk tahap awal, Google hanya menyediakan AMP Lite untuk para pengguna di negara-negara dengan internet lambat. Google berharap agar AMP Lite dapat mulai diaplikasikan di banyak negara.

"Optimisasi ini dapat memperhalus proses unggah gambar, tetapi tidak mempengaruhi bagian lain dari halaman termasuk iklan," ujar Huibao Lin, salah satu teknisi Google, seperti dikutip dari Venture Beat, Kamis (12/1/2017).

(kem)

Baca Juga

Wow! 5 Fitur Ponsel Jadul Ini Hampir Tak Ditemukan di <i>Smartphone</i>

Wow! 5 Fitur Ponsel Jadul Ini Hampir Tak Ditemukan di Smartphone