Rata-Rata Pengguna 4G Konsumsi 6,5 GB Data per Bulan

Rata-Rata Pengguna 4G Konsumsi 6,5 GB Data per Bulan

(Foto: Reuters)

JAKARTA - Banyaknya ponsel 4G yang diminati pengguna diprediksi akan menambah jumlah migrasi pengguna ke ponsel 4G. Berdasarkan catatan XL, 60 persen pengguna sudah menggunakan handset 4G.

Tahun ini bahkan diperkirakan akan mencapai 90 persen pengguna handset 4G, mengikuti perkembangan ponsel yang dipasarkan oleh berbagai vendor. Perubahan model handset yang digunakan juga mengakibatkan perubahan perilaku pengguna.

Migrasi 4G mampu meningkatkan jumlah data yang digunakan pengguna. Menurut Budi Harjono, VP Network Development XL, penggunaan data pengguna rata-rata per bulan mencapai 6,5 GB.

Teknologi jaringan 4G juga mendorong pengguna untuk mengakses layanan streaming. XL mencatat sebesar 48 persen trafik dari pengguna 4G mengakses layanan streaming.

XL Axiata juga mulai menerapkan teknologi 4x4 MIMO modulasi 256 QAM untuk meningkatkan kualitas 4,5G LTE. Teknologi ini diklaim akan meningkatkan kecepatan downlink akses hingga 30 persen.

Meskipun belum banyak device yang mendukung teknologi ini, XL optimis menerapkan langkahnya. Hal ini karena adopsi LTE diperkirakan akan semakin cepat mengingat pengguna jaringan ini terus bertambah.

"Dari total trafik, sepertiganya menggunakan LTE," kata VP LTE XL, Rahmadi Mulyohartono di Jakarta, Kamis (12/1/2017). Teknologi yang diterapkan XL juga memungkinkan pengguna dengan sinyal yang lemah dan device lawas untuk mendapat kecepatan jaringan.

(kem)

Baca Juga

Pemerintah Gunakan Skema <i>Availability Payment</i> untuk Proyek Palapa Ring

Pemerintah Gunakan Skema Availability Payment untuk Proyek Palapa Ring